Aris Surjanti

Guru SMP Negeri 1 Teluk Bayur Berau...

Selengkapnya
Navigasi Web
Derawan Sungguh Menawan

Derawan Sungguh Menawan

Semilir angin dan guncangan ombak berpacu bersama lajunya kendaraan air yang kunaiki menuju pulau terindah di kabupaten Berau. Setelah menempuh dua jam lebih perjalanan darat dari ibu kota menuju pelabuhan, kulanjutkan perjalanan menyusuri lautan selama setengah jam menuju Derawan. Pulau ini tentu sudah tak asing lagi bagi para pecinta pantai yang indah. Derawan sebenarnya termasuk salah satu pulau dari Kepulauan Derawan yang terdiri dari Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban. Setiap pulau tentu memiliki daya tarik dan keunikan masing-masing. Derawan menjadi salah satu pulau yang paling banyak dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Pemandangan senja berhias matahari di kaki langit menyambut kedatanganku di pulau indah ini. Rasa penat perjalanan ini pun terobati dengan indahnya perpaduan warna merah dan kuning keemasan yang membentang di horison, memantulkan keelokannya ke atas riak gelombang senja yang tak kalah cantiknya. Tak henti kuucap syukur dan takjub akan keindahan ciptaan-Nya. Bahkan ketika gelap mulai meliputi pulau, masih terdengar merdu deburan ombak yang sangat menenangkan, setelah sekian lamanya aku hanya mendengar deru kendaraan dan kebisingan hiruk pikuk kota setiap hari. Kupejamkan mata dan berdoa agar esok lebih banyak keindahan yang kutemui.

Mentari belum banyak menampakkan cahayanya, namun pagi yang masih remang-remang ini semakin manis ketika kaki mulai menyentuh segarnya air pantai. Kejernihan airnya dengan riang menyajikan pemandangan elok bawah laut yang mempesona. Apalagi ketika sinar matahari mulai meninggi, putihnya pasir pantai yang berkilau tak pernah lelah disapu ombak yang menepi menghantarkan sisa-sisa pecahan terumbu karang. Tarian pohon kelapa di bawah bentangan langit biru membuatku makin membisu menikmati deru ombak yang datang pergi menghilang di tengah terik siang. Pesona gradasi warna putih, hijau, dan biru pantai berhasil membujukku berlama-lama asyik di tepi pantai ini. Seandainya pantai tak pernah surut dan teriknya sinar matahari tak rela menyengat kulit mungkin tak akan ku beranjak menjauhinya.

Setelah puas menikmati eloknya pantai, ku langkahkan kakiku menyusuri jalanan di perkampungan pulau ini. Di sepanjang jalan yang kulalui di kanan dan kiri berjejer para penjual cindera mata berupa pakaian dan aksesoris. Aroma nikmat dari makanan khas pantai juga tercium dari beberapa rumah makan di sepanjang jalan. Tak kalah sedap, banyak juga jajanan pinggir jalan yang beraneka dan ada pula jajanan khas pantai yang jarang ditemui di kota. Lalu lalang para wisatawan memenuhi jalanan perkampungan wisata ini. Ada yang berjalan kaki, ada pula yang bersepeda bersama pasangan, teman maupun keluarganya. Wisatawan bisa menyewa sepeda yang diinginkan di tempat penyewaan sepeda yang tersedia. Bagi yang suka menyelam menikmati keindahan pemandangan bawah laut, banyak juga tersedia tempat penyewaan alat-alat selam lengkap dengan pakaiannya.

Pulau Derawan memiliki luas 43 Hektare dengan jumlah penduduk sekitar 1.500 jiwa. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Derawan Kabupaten Berau. Saat ini banyak wisatawan yang juga tertarik melakukan perjalanan wisata dengan tujuan tidak hanya Pulau Derawan saja tapi juga dengan mengunjungi seluruh pulau wisata lainnya yang juga termasuk ke dalam Kepulauan Derawan yaitu Pulau Maratua, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban. Tentu saja aku juga punya keinginan yang sama dengan mereka. Suatu hari nanti ingin juga berkeliling ke semua pulau impian tersebut. Mari teman-teman, kita keliling bersama !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post