Aris Surjanti

Guru SMP Negeri 1 Teluk Bayur Berau...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis Buku Mengukir Ilmu

Menulis Buku Mengukir Ilmu

Saya tertarik dengan sebuah kutipan inspiratif dari Imam Syafi’i tentang manfaat menulis. Beliau mengatakan bahwa ilmu itu bagaikan hasil panen di dalam karung dan menulis adalah ikatannya. Dari kutipan tersebut tersirat dengan jelas manfaat dari menulis, yaitu sebagai pengikat beribu ilmu yang telah kita dapat.

Dulu sebelum tergoda dengan kegiatan menulis, waktu luang yang saya miliki hanya tercurah untuk membaca berbagai tulisan yang diunggah di berbagai media online. Beragam jenis tulisan yang telah saya baca, baik informasi faktual tentang pendidikan dan teknologi, maupun tulisan fiksi bertema kehidupan keluarga dan juga beberapa tulisan humor ringan yang menghibur.

Kegemaran membaca tersebut, akhirnya membuat saya termotivasi untuk belajar menulis. Saya mencoba mengikuti beberapa pelatihan online menulis, mulai dari pelatihan yang gratis sampai yang berbayar. Dari berbagai macam pelatihan menulis tersebut, saya mendapat sedikit ilmu dan pencerahan. Mulai ada keinginan untuk mencoba menulis sebuah buku. Lalu mulai berangan-angan tentang tema buku yang akan saya tulis. Namun saat itu saya masih bingung bagaimana cara menerbitkan dan mencetak sebuah buku.

Hingga suatu ketika di kota saya tinggal akan diadakan sebuah pelatihan menulis buku bagi guru, kepala sekolah dan dosen yang diselenggarakan oleh Media Guru, PGRI kabupaten Berau dan AGI kabupaten Berau. Tentu saja saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan baik dan langka ini. Saya langsung mendaftar untuk mengikuti pelatihan tersebut. Setelah berhasil mendaftar, saya langsung bergabung ke dalam grup whatsapp kelas daring, yang berisi para peserta pelatihan menulis buku yang berasal dari berbagai sekolah yang ada di kabupaten Berau.

Pelatihan menulis buku tersebut dilaksanakan secara online. Narasumber dari Media Guru terlihat sangat menarik dalam menyampaikan materinya. Mereka juga sangat sabar dalam mendampingi para peserta. Kami diberikan berbagai materi tentang keterampilan dasar menulis hingga cara menerbitkan sebuah buku. Saya berusaha mempelajari semua keterampilan menulis dengan sebaik-baiknya. Beberapa kali saya melakukan kesalahan dalam proses penulisan buku, namun para pendamping dari media guru sangat sabar membantu memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut.

Buku yang saya tulis mengenai penerapan aplikasi quizlet dalam pembelajaran bahasa inggris. Alasan saya memilih tema tersebut karena saya merasa tertarik dengan gamifikasi dalam pembelajaran. Sebelum masa pandemi dan sebelum dilaksanakannya pembelajaran daring, aplikasi quizlet menjadi salah satu media gamifikasi yang cukup menarik. Karena pada saat itu aplikasi berbasis gamifikasi masih belum banyak seperti sekarang. Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan quizlet dalam pembelajaran bahasa inggris, aplikasi ini sangat cocok digunakan pada pembelajaran bahasa asing. Karena menyediakan fitur pembelajaran kosa kata yang menarik. Jadi buku ini juga menjadi salah satu sumber belajar dalam proses pembelajaran bahasa inggris yang saya ampu di sekolah. Saya juga merasa lebih nyaman untuk menulis sebuah buku pembelajaran daripada buku fiksi. Karena kemampuan saya menulis buku cerita masih kurang dan perlu belajar lebih banyak lagi.

Setelah melalui berbagai tahapan penulisan yang penuh dengan lika-liku. Di antara kesibukan mengajar daring dan kesibukan sebagai seorang ibu dan isteri di tengah pandemi yang sedang melanda. Akhirnya buku pertama saya berhasil diterbitkan oleh Media Guru. Betapa gembiranya hati saya kala itu, ketika pertama kali melihat sebuah buku yang terukir nama saya sendiri di sampulnya.

Buku pertama tersebut semakin memotivasi saya untuk terus menulis. Selain menulis buku karya sendiri, saya juga sering berkolaborasi bersama rekan-rekan guru dan penulis dari berbagai daerah di Indonesia, bersama-sama menulis buku-buku antologi dalam berbagai tema. Masih juga terbersit di hati, keinginan menulis beberapa buku pembelajaran karya sendiri lainnya. Semoga semangat menulis ini tidak mudah padam. Marilah kita terus berkarya dengan menulis, karena menulis sebuah buku itu adalah mengukir berjuta ilmu.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post