Ari Susanah

Ari Susanah, adalah seorang guru juga sebagai ibu rumah tangga. Hobinya menulis sejak SD membuat ia semakin semangat untuk bergabung dengan grup KPPBR (Komunita...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berawal Dari Niat

Berawal Dari Niat

*Berawal Dari Niat*

By Ari Susanah

"Mumtaz, main yuk?!," Terdengar suara dari luar rumah siang ini. Ternyata itu adalah suara Bagus, anak tetangga, teman anakku.

Mumtaz adalah anak ke duaku, kelas 2 SD berusia 8 tahun.

"Enggak ah Gus, aku mau di rumah aja, mainan _hape_, lagian di luar panas banget, tar batal lagi puasa nya!" Jawab Mumtaz pada Bagus temenya.

"Ya udah kalo gitu aku main di rumah mu aja ya," kata Bagus kemudian.

"Iya udah buruan sini masuk!" Jawab Mumtaz.

"Taz, kamu puasa udah berapa hari?, kalo aku enggak puasanya seminggu soalnya sakit." Tanya Bagus.

"Aku puasa teruslah, sebulan!!!"

"Wah, hebatnya!" Teriak Bagus sambil mengacungkan jempol.

"Iya, Gus, kita kan udah kelas 2, jadi harus puasa sampai magrib," jawab Mumtaz dengan semangat.

"Lagi pula Abi aku kasih uang 10 ribu buatku, kalo bisa puasa sampai magrib."

"Wah sama donk, aku dapat uang 20ribu, kalo bisa sampai magrib."

"Lho kok jadi banyakkan kamu duitnya, padahal kan puasanya banyakkan aku" sergah Mumtaz, sambil mengernyitkan dahi.

"Iya donk kan aku sakit, jadi bapakku menaikan upah Puasa ku, biar aku tambah semangat dan tidak sakit lagi" jawab Bagus.

Aku yang mendengar dari dalam tak kuasa menahan untuk ikutan dalam obrolan mereka.

"Eh kalian puasa niatnya buat dapetin uang ya?!, Lah nanti pahala surga nya angus donk!" Kataku.

"Mau dapat surga apa mau dapat uang?"

"Dapat dua-duanya lah!!! Jawab mereka kompak.

Hadeuhhh jadi tepok jidat dengan puasa mereka. Namun yang jelas ada banyak hal berharga yang bisa diambil dari puasa. Seiring berjalannya waktu semoga mereka semakin belajar mengenai niat dan tujuan puasa. Tak apalah bila sekarang ini mereka masih harus dengan stimulus untuk bisa rajin berpuasa. Yang penting mereka sudah mau latihan puasa secara ritual. Berhasil menahan lapar dan dahaga. Selanjutnya di masa yang akan datang mereka bisa belajar menahan nafsu yang lainnya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa.

Karena sesungguhnya puasa adalah tarbiyah, Pendidikan untuk manusia agar lebih bertakwa.

Tambun Selatan 11 Mei 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kisah inspiratif Bu. Sukses selalu dan barakallahu fiik

29 May
Balas

Mantap tulisannya. Salam literasi. Sudah like & follow

11 May
Balas



search

New Post