Armaya sari

PENTINGNYA MENULIS BAGI KU Menulis adalah bagian dari hidup ku. Aku adalah tipical manusia kurang dapat mengungkapkan perasaan langsung. Kala aku dulu menyukai...

Selengkapnya
Navigasi Web
Brownies kulit ari pisang endassss

Brownies kulit ari pisang endassss

Brownies kulit ari pisang

Brownies mendengar katanya saja rasanya air liur ku bisa menetes. Ya makanan yang diolah dari campuran coklat dan tepung ini rasanya sulit untuk di tolak. Rasanya yang khas coklat akan menggugah selera penikmatnya. Brownies adalah jenis makanan yang berasal dari negara Amerika Serikat. Kue ini dibuat secara tidak sengaja oleh seorang ahli cake, tetapi kala itu ia salah meramu olahan cake seperti biasanya, hasilnya cake bertekstur padat, tetapi memiliki cita rasa yang unik dan mengoda sekali. Alhasil kue yang awalnya gagal sekarang menjadi primoda di berbagai negara. Di Indonesia sendiri ragan brownies juga beragam sekali, tiap daerah memiliki khasnya masing-masing. Brownies dari kota Medan yang terkenal enak rasanya bisa kamu dapat dengan beragam merk dagang dan harga bervariasi. Kalau kamu berkinjung ke kota bogor ada lagi bronies yang terbuat dari talas bogor. Rasa dan warna yang unik membuat peminat panganan manis menjadi wajib membelinya kala sedang berkunjung ke kota hujan Bogor.

Tapi ada nih.... brownies yang gak kalah enak dan kerennya dari beberapa brownies yang ada. Ini dia brownies yang pernah saya ciptakan. Awalnya kenapa saya ciptakan resep ini, karena waktu itu ada perlombaan antar siswa SMP yang melombakan ide dari bahan limbah menjadi bahan yang dapat dipakai kembali. Nah....karena saya pembimbingnya yang kebetulan hoby buat kue, muncullah ide ini. Ide ini muncul dari beberapa ulasan mengenai kulit ari pisang yang punya nilai kadar gizi yang cukup tinggi. Selama ini banyak masyarakat yang tidak menyadarinya, bahwa kulit pisang itu punya banyak khasiat hebat. Begitu pisangnya diambil kulitnya terbuang begitu saja. Sayangkan....rasanya.

Apasih kandungan kulit ari pisang per 100 gr kulit pisang?

Karbohidrat = 50 g Lemak = 2,11 g Protein = 0,32 g Kalsium = 715 mg Fosfor = 117 mg Zat besi = 1,60 mg Vitamin B = 0,12 mg Vitamin C = 17,50 mg Air = 68,90 g

Jadi rasanya sayang sekali bila kandungan yang sangat penting bagi tubuh, terbuang begitu saja yang hanya dinikmati oleh jamur dan bakteri.

Anda ingin mencoba menikmati brownies dari kulit ari pisang?

Hem.... kalau ada ingin mencoba saya akan membagikan resepnya ya.....

Bahan :

Ø 150 gram kulit ari pisang (sebelumnya kulit pisang dicuci bersih dulu ya...)

Ø 50 gram terigu (diayak)

Ø 50 gram coklat bubuk (diayak)

Ø 20 gram susu bubuk (diayak)

Ø 200 gram mentega leleh

Ø 4 butir telur

Ø 180 gram gula pasir (bila terlalu manis atau tidak manis dapat di kurangi sesuai selera)

Ø 100 gram coklat batang (diteam)

Ø Garam secukupnya

Cara Membuat :

1. Lelehkan (diteam) mentega bersama coklat batangan yang telah di potong kecil-kecil, sisihkan biarkan dingin

2. Kulit ari pisang dihaluskan dengan mixer sampai menjadi seperti bubur

3. Mixer telur, gula pasir, tepung, kulit ari pisang, susu bubuk, coklat bubuk, kurang lebih lima menit, matikan mixer

4. Campur adonan dengan coklat leleh tim dan mentega, aduk rata

5. Masukan dalam cetakan. Sebelumnya cetakan di oles dengan mentega dahulu untuk memudahkan saat menggeluarkan kue setelah matang.

6. Panaskan oven, panggang kurang lebih 15 menit dengan api sedang sampai matang.

7. Setelah matang angkat dan biarkan dingin baru dkeluarkan dari cetakan.

Nah....itu dia resepnya, silahkan dicoba ya, siapa tau suka. Semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba dan menikmati sensasi rasanya.

#Tantangan gurusianan hari ke-18#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow! Keren maya mksh infonya

16 Feb
Balas

Ya buk

16 Feb



search

New Post