Armaya sari

PENTINGNYA MENULIS BAGI KU Menulis adalah bagian dari hidup ku. Aku adalah tipical manusia kurang dapat mengungkapkan perasaan langsung. Kala aku dulu menyukai...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mie tek-tek khas Tebingtinggi

Mie tek-tek khas Tebingtinggi

Mie tek-tek khas Tebingtinggi

Tebingtinggi kota kecil yang berada di Sumatera Utara, merupakan kota antar lintas Sumatera. Kota Tebingtinggi kota yang terkenal dengan berbagai macam jenis kulinernya. Kuliner yang paling diburu di kota ini adalah lemang, roti kacang, miso, dan mie tek-tek.

Tulisan saya ini akan mengulas tentang kudapan sedap yang wajib dicari di kota ini. Jenis makanan ini memiliki nama “Mie Tek-Tek” yang terbuat dari mie yang dimasak dengan beragam bumbu yang khas dan ditaburi dengan bawang goreng yang akan memanjakan lidah dan hidung anda ketika melewati warung penjual mie ini.

“Mie Tek-Tek” asal Tebingtinggi berbeda dengan masakan mie dari daerah lain. Mie tek-tek ini menggunakan mie lidi yang di ramu dengan rempah khas dan kol, serta bertabur bawang goreng yang mebuat mie ini memiliki cita rasa yang gurih dan mengigit sekali rasanya.

Pedagang mie tek-tek ini dapat kita jumpai di jalan teri dekat dengan hangkang (Tempat persemayaman suku Thionghoa). Pedagang mie ini sangat tradisional sekali, pedagang menggunakan gerobak sederhana dan menggunakan tunggu serta kuali besar dan sudip yang lumayan besar dengan bunyi khas bila kita melewati pedagangnya “Teng Teng Teng” khas bunyi-bunyian yang dikeluarkan pedangan mie ini. Mungkin dari bunyi-bunyian inilah asal muasal nama “Mie Tek-Tek.”

Keberadaan mie tek-tek di Tebingtinggi,sesuai dengan sumber yang saya dapat, sudah ada sejak tahun 1973. Pedagang yang menjual mie tek-tek depan Hangkang adalah generasi kedua sejak tahun 1973. Asal muasal pedagang mie tek-tek ini berasal dari Solo yang merantau ke kota Tebingtinggi. Pedagang mie tek-tek di depan hangkang bernama mas Budi yang membuka warung mienya mulai pukul 19.00 hingga pukul 24.00 wib. Tarif harga yang ditawarkan untuk sebungkus mie tek-tek ini adalah 12 ribu rupiah, porsinya dapat di makan untuk 3 orang.

Pengunjung ramai sekali saat weekend, untuk dapat membeli mie tek-tek ini saat weekend, kita harus mengantri dan membutuhkan waktu satu jam untuk dapat menikmati kudapan yang pantang untuk ditolak.

Kawan-kawan bila anda melintasi kota Tebingtinggi pada saat malam hari silahkan singgah ya....untuk mencicipi mie tek-tek di jalan Iskandar Muda dan jalan teri depan Hangkang. Dijamin tidak kecewa dan pengen balik lagi ya kawan.

#tantangan gurusiana hari ke 26#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya may mie tektek simpang atau depan hangkang tp yskinlah duaduanya ada dlm buju Kuliner Malam Tebing Tinggi namun bukan cara masaknya yg diulas melainkan bgmn mengatasi peradaban kedepannya

25 Feb
Balas



search

New Post