Arni Susanti Oktavia

Lahir di Soppeng, 2 Oktober 1984. Sekarang menjadi tenaga pengajar pada SMK Negeri 2 Wajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK Tingkat Provinsi

Bertempat di Institut Seni Budaya Indonesia Sulawesi Selatan (Selasa, 24/07/2018). Kelompok Teater 'Ininnawa Madeceng' SMK Negeri 2 Wajo mempersembahkan sebuah drama daerah yang berjudul Ade'ku (Tradisiku).

Berkisah tentang sepasang kekasih yang jalinan asmaranya tidak mendapat restu keluarga. Perbedaan kasta diantara keduanya membuat cinta mereka harus menghadapi penolakan dari keluarga perempuan. Karena luapan cinta yang teramat dalam dan keinginan untuk bersama sampai hayat memisahkan, akhirnya sang perempuan berniat menjauh, ingin lari dari kenyataan hidup yang pelik. Beruntunglah sang kekasih mengingatkan akan keberadaan siri’, nama baik yang harus dijaga walau harus mengorbankan segenap raga. Perjalanan cinta yang rumit tanpa penerimaan disertai penolakan dari keluarga, akhirnya memaksa terjadinya pertarungan Sigajang Laleng Lipa’. Tradisi ‘mematikan’ pemuda Bugis untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang tidak dapat di selesaikan lagi dengan musyawarah. Kisah cinta ini berakhir tragis dengan tewasnya saudara lelaki sang perempuan di tangan kekasihnya sendiri.

Tradisi Sigajang Laleng Lipa berawal dari budaya masyarakat Bugis yang sangat menjunjung tiggi rasa malu atau siri’, masyarakat Bugis malu ketika harga dirinya diinjak-injak. Mereka bahkan rela mempertaruhkan nyawa demi mempertahankan kehormatan. Seiring berjalannya waktu dan kemajuan zaman, ritual ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat Bugis. Meskipun begitu, ritual ini tidak benar-benar ditinggalkan, melainkan dipentaskan kembali dalam sebuah panggung untuk menjaga kelestarian warisan budaya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post