ARSIAH, S.Pd. MM

Arsiah, lahir di Kota Parepare, salah satu kota di Provinsi Sulawesi Selatan, pada tanggal 5 Januari 1972. Penulis menyelesaikan pendidikan di SD&...

Selengkapnya
Navigasi Web

Anak Tak Fokus Belajar?

Belajar sangat penting untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Termasuk pada anak perlu diberikan stimulasi agar fokus terhadap belajar. Namun terkadang atau sering sekali anak kesulitan untuk fokus belajar. Hal ini terjadi karena beberapa penyebab.

Motivasi belajar baiknya berasal dari dalam dirinya, bukan motivasi dari luar. Maka untuk itu sebagai orang tua atau orang dewasa kita perlu membangun motivasi dari dalam tersebut. Ada pun yang dapat menyebabkan anak tak fokus belajar yakni tidak memahami pelajaran yang diberikan, kurang istirahat, ataupun ada hal lain yang lebih menjadi fokus perhatiannya.

Maka kita perlu melakukan beberapa hal seperti ini untuk menjadikannya lebih fokus belajar antara lain :

1. Menciptakan suasana yang nyaman dan aman dalam belajar, misalnya dari suara-suara yang dapat mengganggu konsentrasinya (bunyi radio, televisi, atau lainnya).

2. Latihan mindfulness, sehingga pikiran mereka dapat lebih tenang melalui latihan pernafasan dan konsentrasi belajar meningkat.

3. Selingi belajar anak dengan ice breaking atau permainan agar mereka merasa luwes dalam belajar.

4. Cukupkan asupan makanannya atau gizi yang seimbang dan istirahat yang cukup.

5. Kurangi penggunaan gawai jika tidak benar-benar penting agar tidak mengganggu perhatiannya.

6. Berikan kesempatan kepada anak untuk berkreativitas dan berinovasi sendiri tanpa menekannya. Kita dapat mengarahkannya, bukan memaksakannya karena dapat berakibat anak semakin hilang konsentrasinya.

7. Hal yang tak kalah pentingnya adalah setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Maka alat bantu yang disiapkan untuknya sesuai dengan gaya belajarnya. Bisa berupa gambar, video, permainan edukasi, dan sebagainya.

Demikianlah tulisan ini, semoga menjadi bahan masukan untuk memahami dan cara mengatasi anak ketika tak fokus dalam belajar. Semoga bermanfaat khususnya bagi diri saya pribadi sebagai guru dan orang tua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post