ARSIAH, S.Pd. MM

Arsiah, lahir di Kota Parepare, salah satu kota di Provinsi Sulawesi Selatan, pada tanggal 5 Januari 1972. Penulis menyelesaikan pendidikan di SD&...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembekalan Calon Fasilitator 15 Gelombang 2 hari Ketiga

Pembekalan Calon Fasilitator 15 Gelombang 2 hari Ketiga

Pada hari Kamis, 6 Juli 2023 pembekalan Calon Fasilitator Angkatan 15 Gelombang 2 PGP memasuki hari ketiga. Materi dibawakan oleh Ibu Kemala Astika (Ibu Lala) ada tiga, antara lain Teknik Pemberian Umpan Balik, Teknik Fasilitasi dan Pembelajaran Daring yang Interaktif, dan Media Fasilitasi Berbasis Teknologi. Mulai pukul 08.00-17.15. Dilanjutkan dengan pembelajaran mandiri di LMS dengan menjawab lima pertanyaan terkait modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara.

Pada sesi Teknik Pemberian Umpan Balik, Calon Fasilitator mampu memahami konsep, bentuk, dan metode pemberian umpan balik. Juga mampu mempraktekkan bentuk-bentuk umpan balik dan metode pemberian umpan balik yang efektif dan memberdayakan. Serta memahami manfaat pemberian umpan balik yang memberdayakan untuk pengembangan CGP.

Selanjutnya materi Teknik Fasilitasi dan Pembelajaran Daring yang Interaktif bertujuan untuk memahami prinsip, keterampilan, dan kompetensi dasar fasilitator, merancang proses fasilitasi, dan menerafkan refleksi dalam memfasilitasi. Di sini Calon Fasilitator dibagi empat kelompok dan berdiskusi kelompok dalam masing-masing BOR dan dikomunikasikan kembali dalam kelas utama. Juga berpartisipasi pada jamboard dan fadlet. Calon Fasilitator juga berlatih mempraktekkan sebagai fasilitator sesuai prinsip keterampilan fasilitator: menyimak, bertanya, mengonfirmasi, dan refleksi.

Pada materi ketiga, Media Fasilitasi Berbasis Teknologi Calon Fasilitator berlatih memanfaatkan media fasilitasi antara lain G-Meet, zoom, slide, canva, jamboard, mentimeter, dan fadlet.

Pada akhir pembelajaran Pak Wandy Praginda mengingatkan untuk mempelajari modul 1.1 sebagai bahan pembelajaran pada hari keempat.

#Suksesdansemangatbelajar

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post