ARSIAH, S.Pd. MM

Arsiah, lahir di Kota Parepare, salah satu kota di Provinsi Sulawesi Selatan, pada tanggal 5 Januari 1972. Penulis menyelesaikan pendidikan di SD&...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembekalan Calon Fasilitator 15 Gelombang 2 hari Kedua

Pembekalan Calon Fasilitator 15 Gelombang 2 hari Kedua

Hari ini Rabu, 5 Juli 2023 Calon Fasilitator Angkatan 15 Gelombang kedua mengikuti pembekalan melalui zoom meeting. Materi pada sesi pertama pukul 08.00-12.00 yakni Pendidikan Orang Dewasa (POD). Ibu Elfida sebagai MC, Pak Simon Rafael sebagai Narasumber di kelas besar, dan Pak Wandy Praginda sebagai Narasumber di kelas BOR 31. Pada sesi kedua pukul 16.00-17.45 materi Persiapan Flatform Belajar (LMS) oleh Narasumber Pak Asep Wahyudin. Dilanjutkan dengan Tes Awal selama 60 menit di LMS sampai pukul 11.59 WIB.

Hasil refleksi pengalaman belajar dari POD yakni banyak hal dan pengalaman baru yang saya dapatkan pada hari ini. Seperti tiga prinsip POD yaitu keterbukaan, tanggung jawab, dan sepenuh hati. POD sebaiknya menggunakan pengalaman sebelumnya untuk membangun konsep baru dalam penyelesaian masalah. Dari pembekalan ini saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memfasilitasi CGP agar mencapai tujuan dengan optimal. Ada pun hal yang konkrit yang akan saya lakukan setelah mempelajari POD adalah saya akan memanfaatkan pengalaman yang saya miliki, dengan keterbukaan menerima pendapat, dan pembiasaan melakukan refleksi.

Aktivitas yang dilakukan peserta yakni menyusun puzle baik secara mandiri maupun berkelompok. Hal yang saya rasakan yakni perasaan tertantang, gembira, dan bersemangat. Pembelajaran yang saya dapatkan melalui kegiatan tersebut yakni perlunya ketelitian, literasi, kolaborasi, komunikasi, dan pembagian peran.Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Hal ke depan yang perlu saya tingkatkan yakni perlu mengenal diri (pengalaman pribadi), fokus pada waktu dan instruksi, dan terus menggali potensi yang perlu dikembangkan. 

Materi pada sesi kedua disampaikan oleh Narasumber dengan begitu jelas, sabar, dan mampu memberikan pemahaman. Meskipun peserta begitu antusias ingin mengetahui lebih cepat, namun dapat diatasi dengan baik. Banyak informasi baru terkait LMS dan peran fasilitator yang kami dapatkan. Saya menjadi pendengar dan penyimak yang baik. Sehingga saat masuk ke LMS tidak mengalami kendala dan dapat menyelesaikan Tes Awal sesuai petunjuk dan tak terkendala. Semoga sukses dan lancar sampai akhir pembekalan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post