ARSIAH, S.Pd. MM

Arsiah, lahir di Kota Parepare, salah satu kota di Provinsi Sulawesi Selatan, pada tanggal 5 Januari 1972. Penulis menyelesaikan pendidikan di SD&...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembuatan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar

Pembuatan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar (PMM) disediakan oleh Kemendikbudristek bagi guru sebagai sarana untuk belajar. Agar pembelajaran yang dilakukan guru berdampak pada murid. Yakni pengembangan pengetahuan, sikap, dan nilai karakter berdasarkan Profil Pelajar Pancasila. Dengan adanya PMM ini guru dapat belajar sepanjang hayat, berkolaborasi, dan berbagi praktik baik.

Banyak hal yang saya dapatkan dari PMM ini. Terutama senantiasa merefleksikan diri dan juga bersama guru di komunitas sekolah maupun di luar lingkungan sekolah untuk lebih meningkatkan kompetensi ke arah yang lebih baik.

Proses belajar di PMM tidaklah demikian sulitnya. Karena di selah-selah kesibukan dapat menyelesaikan beberapa topik yang tersedia. Sampai hari ini saya telah mampu menyelesaikan tiga topik dengan aksi nyatanya. Antara lain Merdeka Belajar sudah tersedia sertifikat, dan dua lainnya Perencanaan Pembelajaran SD/ Paket A dan Supervisi Akademik, menunggu validasi. Ada pun topik-topik lainnya saya berupaya untuk belajar dengan mengikuti aktivitas-aktivitasnya. Saya memilih topik yang paling relevan dengan tugas pokok saya sebagai kepala sekolah. Meskipun semuanya bermanfaat dan dibituhkan. Karena saat ini sudah ada 44 topik yang tersedia.

Langkah saya melakukan aksi nyata dengan berkolaborasi dan berbagi dengan rekan-rekan guru di Komunitas Belajar di sekolah. Kita bersama-sama sepulang sekolah menyediakan waktu untuk menonton video bersama pada topik tertentu di PMM dengan menggunakan akun belajar masing-masing. Setelah itu menyelesaikan soal pemahaman dan refleksi. Selanjutnya menjawab post tes. Pada kegiatan aksi nyata kita menyediakan bahan aksi nyata sesuai dengan kreativitas dan pilihan aksi nyata. Meskipun demikian kita saling membantu rekan jika ada kendala yang dihadapi. Terutama dalam pembuatan bahan presentasi atau materi.

Luar biasa perubahan yang kami dapatkan, saya dan rekan-rekan guru bersemangat menyelesaikan topik atau modul. Setiap hari kami membuat Jurnal Pelaksanaan Kegiatan Belajar di PMM melalui pendampingan saya selaku kepala sekolah.

Semoga kegiatan yang kami lakukan dapat berdampak pada perubahan pendidikan terutama bagi murid. Salam tergerak, bergerak, dan menggerakkan. Yuk terus belajar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya guru dimadrasah. Belum ada program guru penggerak dalam Implementasi kurikulum merdeka dimadrasahSenang kiranya jika bisa menimba ilmu dari para master

12 Nov
Balas

Siap belajar bersama Pak Guru

16 Mar

Mantap

12 Nov
Balas

makasih Pak

16 Mar



search

New Post