ARY ARIEQ

Membaca adalah Hobby ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Berprestasi

Guru Berprestasi

Menjadi guru berprestasi tentu tidak mudah. Diperlukan komitmen kuat dan kerja keras untuk mencapai suatu prestasi. Sikap, pola pikir, dan cara bekerja juga turut menentukan keberhasilan seseorang guru meraih prestasi di suatu bidang.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk menjemput prestasi adalah memahami manfaat sesuatu yang anda lakukan. Seorang guru akan bersemangat mengajar dengan baik dan berinovasi jika dia memahami manfaatnya mengajar. Menjadi seorang guru tidak hanya duduk berjam-jam di kelas, mengajar sesuai silabus tanpa inovasi. Lebih dari itu, anda harus visioner.

Setelah itu, tentukan skala prioritas. Jangan karena aktif mengikuti berbagai kegiatan di luar jam mengajar, mengajar lantas jadi berantakan. Buktikan, bahwa kesibukan di luar kelas bukan menjadi penghalang untuk mencetak prestasi.

Saat di kelas, berkonsentrasilah dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa . Simak baik-baik dan catat poin-poin penting yang kurang bisa dipahami oleh siswa. Jadikan hal tersebut untuk membuat jurus-jurus tertentu agar materi yang akan kita sampaikan nanti berhasil dengan baik dipahami oleh siswa. Selain itu, anda juga harus aktif di luar jam mengajar. Keaktifan ini akan mempertajam pemahaman dan melatih kemampuanmu berkomunikasi. Jangan ragu untuk mengemukakan pendapat atau bertanya di seminar atau workshop yang anda ikuti. Dengan menjadi aktif, anda juga akan dikenal oleh banyak orang.

Guru dituntut kritis dan berani mempertahankan pendapat. Sebaiknya anda tidak langsung menerima dan percaya pada semua yang anda dengar, termasuk dari para narasumber. Karena itu, carilah referensi tambahan sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber. Referensi luas akan memperkaya argumentasi anda tentang suatu hal. Tapi, perlu diingat, mempertahankan pendapat bukan berarti tidak bisa menerima kebenaran yang disampaikan orang lain.

Meraih prestasi juga membutuhkan perencanaan yang baik. Buatlah jadwal untuk menyusun portofolio. Anda bisa juga membuat daftar yang harus anda pelajari atau tugas yang harus anda selesaikan. Dengan demikian, tidak akan ada tugas yang terlewat. Selain itu, curi start lebih awal dari teman-teman anda yang lain. Jangan mengerjakan semua tugas dalam satu malam menjelang batas waktu pengumpulan persyaratan lomba prestasi. Sudah nggak jamannya lagi sistem kebut semalam (SKS). Kalau anda menghadapi kesulitan saat mengerjakan tugas, diskusi bisa menjadi solusinya.

Terakhir, untuk mencapai suatu keberhasilan, anda harus total dan serius dalam mengerjakan sesuatu. Dengan totalitas dan keseriusan, prestasi bukan lagi sesuatu yang mustahil anda raih. Ingat hasil tidak akan akan mengkhianati proses. Selamat berjuang meraih prestasi! Ganbatte !Teluk Buyung 7 Mei 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Emak tersuper super di jagat PAUDTerimakasih semua ilmunya ya MakDoakan saya bisa ikuti jejak emas Emak hebaaattt kuh

13 Jan
Balas

Keren tampilan tulisan bertemakan Guru Berprestasi. Perlu mental baja dan kesiapan matang tuk meraih ya. Selamat Bu ARIEQ

09:32
Balas

Terima kasih bu Roha

09:34

Terima kasih, Bu Ary

08 May
Balas

Sama-sama bu... Terima kasih sdh berkunjung

08 May

Wah ... tulisan yang sangat bermanfaat . Siiip keren banget

09:21
Balas

makasih bu Dedeh

09:30

Selamat Bu Ary Sehat dan sukses selalu dengan karya - karya inovasinya

09:25
Balas

Makasih bu Titi

09:31

Menginspirasi, Bu. Selamat berjuang tuk prestasi yg lebih baik

10 May
Balas

Terima kasih pak

11 May

Mantap betul pencerahannya.langsung bs diterapkan.terima kasih ditungg kbr selanjutnya

10:23
Balas

Terima kasih Bu Yanti

10:32

Terimakasih kasih masukan nya Bu sangat bermanfaat, khususnya buat pemula seperti saya

09:48
Balas

Semangaaattt bu Kartini

09:50



search

New Post