Arysepthanauly Pohan

PESERTA PELATIHAN SAGUSABU (SATU GURU SATU BUKU) DKI JAKARTA ANGKATAN VIII (2 - 3 NOVEMBER 2019)...

Selengkapnya
Navigasi Web
TANTANGAN 30 HARI MENULIS (HARI KE 6)
TANTANGAN 30 HARI MENULIS (HARI KE 6)

TANTANGAN 30 HARI MENULIS (HARI KE 6)

BAHAGIANYA BELAJAR DI ZAMAN NOW

Kalau Anda melihat siswa yang sedang serius melihat HP nya di dalam kelas, jangan marah dulu ya....

Siswa - siswa ini tidak melanggar aturan sekolah karena melihat HP di saat jam pelajaran, apalagi di saat mereka sedang menghadapi UCUN sekolah.

Bila ini dilakukan oleh kita pada masanya kita sekolah, yang ada orang tua kita bakalan dipanggil wali kelas dan guru BK dan pasti hukuman yang akan kita terima sebagai siswa yang melanggar lumayan berat. Begitu ketatnya aturan sekolah pada masa itu, dan begitu kerasnya disiplin gurunya, sehingga kita sebagai siswa tidak berani untuk melanggar aturan - aturan sekolah.

Sekarang, belajar itu jadi menyenangkan untuk siswa. Tidak ada PR yang harus dikerjakan di rumah. Tugas yang dikerjakan harus selesai dikerjakan di kelas. Mengerjakan tugas berkelompok dengan teman, tugas berbentuk presentasi power point atau tampilan video. Belajar yang dilakukan siswa di zaman now ini bukan lagi belajar menghapal, tapi belajar menggunakan logika dan nalar.

Untuk belajar, mengerjakan tugas, bahkan untuk mengerjakan ulangan atau ujian, siswa diwajibkan membawa dan memakai HP nya. HP bukan lagi sesuatu yang harus disembumyikan siswa dari gurunya, bahkan HP mempermudah siswa dalam belajar. Mengerjakan tugas mandiri atau tugas kelompok, siswa menggunakan goggle. Saat ulangan harian dan ujian PAS siswa masuk ke aplikasi Simak SiPintar. Melihat nilai ulangan atau ujiannya mereka juga tinggal masiuk ke aplikasi SIMAK SIPINTAR.

Bahagianya belajar di zaman now. Yang semuanya serba digital. Yang semuanya serba mudah karena media yang digunakan adalah media HOTS.

Bahagianya belajar di zaman now yang belajar itu seperti tidak belajar. Belajar itu seperti bermain, karena siswa mempraktekkannya langsung materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya.

Bahagianya belajar di zaman now, karena gurunya juga harus mempunyai wawasan yang luas untuk teknologi, sehingga gurunya harus belajar lagi untuk menguasai media HOTS.

Bahagianya belajar di zaman now....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Serba salah bahagia belajar jaman now tapi hasil PISA kita tertatihtatih Balkan turun di tahun 2018.Sehat selalu Bu

28 Jan
Balas

Sisi baik dan sisi buruknya dari sebuah pembaharuan ya bun

29 Jan



search

New Post