Asep S Solikhin

Pernah menghabiskan masa kecil di daerah Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Ciamis. Kini tinggal bersama keluarga kecil dengan 2 putri di salah satu sudut K...

Selengkapnya
Navigasi Web

Gigitlah dengan gigi grahammu!

Menjadi keniscayaan bagi setiap Muslim untuk taat dan patuh pada segala sunnah baginda Rasulullah Muhammad saw. Allah swt berfirman: "Apa saja yang diberikan oleh Rasul kepadamu semua, maka ambillah itu - yakni lakukanlah - dan apa saja yang dilarang olehnya, maka hentikanlah itu." (al-Hasyr: 7)

Mempertegas firman Allah swt tersebut Rasulullah saw bersabda : "......Maka dari itu hendaklah engkau semua menetapi sunnahku dan sunnah para Khalifah Arrasyidun yang memperolehi petunjuk - Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali radhiallahu 'annum; gigitlah sunnah-sunnah itu dengan gigi-gigi gerahammu - yakni pegang teguhlah itu sekuat-kuatnya. Jauhilah olehmu semua dari melakukan perkara-perkara yang diada-adakan, kerana sesungguhnya segala sesuatu kebid'ahan itu adalah sesat." Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan Tirmidzi.

Sunnah adalah segala perkataan dan perilaku Rasulullah saw. Mengikuti beliau dalam setiap perkataan dan tingkah laku adalah jalan selamat dunia dan akhirat. Selain Mengikuti beliau, boleh juga mengikuti khulafaurrasyidin yakni 4 (empat) khalifah pertama yang menggantikan Rasulullah saw sebagai khalifah. Mereka adalah Abu Bakar ash-sidiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Mereka adalah sahabat sekaligus khalifah terbaik yang senantiasa mengikuti kebenaran tindakan Rasulullah saw dan tidak pernah menyelisihi beliau dalam hal apapun.

Oleh karenanya, mengenal Rasulullah saw dan khulafaurrasyidin adalah hal utama yang harus kita lakukan agar kita bisa mengikuti segala sunnah Rasulullah saw dan khulafaurrasyidin. Mempelajari sejarah hidup mereka adalah satu kebutuhan yang tidak boleh diabaikan, agar kita tahu apa saja yang berasal dari mereka dan apa saja perkara yang bukan berasal dari mereka. Yang paling fatal adalah jika kita mengikuti perkara yang sebenarnya bukan berasal dari mereka, namun beranggapan kita telah mengikuti sunnah sunnahnya.

Semoga kita senatiasa diberi hidayah untuk tetap dijalan sunnahnya dan tidak tergelincir dijalan bid'ah yang dimaksud oleh sabda Rasulullah saw diatas. Amin.

#Tantangan365

#Tantanganke 12

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih pencerahannya, Pak Asep

20 Jun
Balas

Sama-sama bu Nurhidayah

21 Jun



search

New Post