Asep S Solikhin

Pernah menghabiskan masa kecil di daerah Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Ciamis. Kini tinggal bersama keluarga kecil dengan 2 putri di salah satu sudut K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis di Jurnal Ilmiah
gambar: kagama.co

Menulis di Jurnal Ilmiah

Pernah menulis artikel di jurnal ilmiah? Bagi yang sudah pernah menulis atau menerbitkan tulisan/artikel di jurnal ilmiah tentu sudah tahu aturan mainnya. Namun bagi yang belum pernah mungkin masih bingung bagaimana caranya. Sedikit tulisan berikut mencoba memberi gambaran bagaimana agar tulisan/artikel kita terbit di jurnal ilmiah.

Yang dimaksud dengan Jurnal ilmiah wadah tempat mempublikasikan artikel-artikel hasil pemikiran ilmiah dari suatu penelitian atau hasil pemikiran dalam bidang tertentu. Publikasi dalam jurnal ilmiah diterbitkan secara berkala oleh suatu organisasi profesi atau institusi akademik. Sebagai guru, jika kita ingin menerbitkan artikel di jurnal ilmiah, tentunya kita mencari jurnal ilmiah di bidang pendidikan. Adnan, dkk dalam bukunya “Merebut Hati Audiens Internnsional: Strategi Ampuh Meraih Publikusi di Jurnal llmiah” menyebutkan bahwa Isi dari jurnal ilmiah adalah artikel ilmiah (research article) yakni tulisan yang berisi laporan sistematis mengenai hasil kajian atau hasil penelitian yang disajikan bagi masyarakat ilmiah tertentu, yang merupakan audiens khusus dengan tujuan menyampaikan hasil kajian dan kontribusi penulis artikel kepada mereka untuk dipikirkan, dikaji kembali, dan diperdebatkan, baik secara lisan maupun secara tertulis. Yang dimaksud dengan laporan yang sistematis adalah laporan yang disusun dengan mengikuti struktur dan format yang berlaku dalam suatu jurnal ilmiah. Sedangkan yang dimaksud dengan hasil kajian adalah hasil pemikiran intensif tentang suatu topik, sedangkan hasil penelitian umumnya lebih spesifik, karena harus melibatkan data, yang dipublikasikan di jurnal ilmiah, laporan dari surat kabar atau majalah, wawancara, laporan saksi mata, dokumen dan sebagainya.

Mengacu pada buku pedoman PKB, terkait kerangka tulisan artikel ilmiah dalam jurnal ilmiah sekurang-kurangnya berisi :

(a) Pendahuluan, yang menguraikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat. (b) Kajian teori, yang menguraikan tentang teori-teori yang relevan. (c) Pembahasan, yang mengemukakan tentang gagasan/ ide penulis dalam upaya memecahkan masalah yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan pembelajaran di sekolahnya. Pembahasan tersebut didukung oleh teori dan data yang relevan. (d) kesimpulan.

Terkait gaya penulisannya biasanya setiap jurnal ilmiah memiliki gaya sendiri-sendiri yang lebih dikenal dengan istilah gaya selingkung. Maka agar artikel kita bisa diterbitkan di suatu jurnal ilmiah, kita harus mengetahui terlebih dahulu gaya selingkung penulisan di jurnal yang kita tuju, dan dalam penulisannya kita mengikuti gaya selingkung yang dimaksud.

#Tantangan365

#Tantanganke 17

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih ustadz.. Sngt bermnfaat..

25 Jun
Balas

sama sama bu guru

26 Jun



search

New Post