Dra. Asmiati, M.Pd

Nama : Dra. Asmiati, M.Pd Pekerjaan : Guru MTs Negeri 1 Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur Hobi : Membaca dan menulis Pendidikan : S1 Biologi IKIP Negeri Sura...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lontong Kupang (Hari ke-23)

Lontong Kupang (Hari ke-23)

Siang ini di depan rumah lewat penjual lontong kupang keliling. Ada keinginan untuk membelinya tetapi sayang lambungku sedang bermasalah. Dua hari ini perutku terasa begah dan kembung, mungkin asam lambungku tinggi. Akibatnya aku mengurungkan niat untuk membeli lontong kupang, meskipun lontong kupang adalah salah satu makanan favoritku.

Sekedar tahu, lontong kupang adalah makanan khas wilayah Surabaya dan Sidoarjo, provinsi Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, makanan ini tersaji dari lontong dan diberi kupang berikut kuahnya, ditambah dengan kremesan lentho dan sate kerang, serta sambal petis. Biasanya dikonsumsi dengan es kelapa muda. Heem...nikmat sekali. Kupang adalah sejenis kerang kecil, sedangkan lentho adalah gorengan kacang merah atau kacang hijau yang ditumbuk dan diberi bumbu. Harga lontong kupang tidak terlalu mahal, sekitar Rp 10.000 - 15.000. Jadi cukup terjangkau oleh masyarakat golongan bawah.

Tetapi akhir-akhir ini aku mulai jarang membeli lontong kupang. Aku masih tersugesti kejadian beberapa bulan yang lalu. Pada bulan Juni tahun lalu tetanggaku mengalami muntah yang hebat setelah mengonsumsi lontong kupang. Karena muntah terus-menerus dan merasakan sakit perut yang amat sangat maka beliau dirujuk ke rumah sakit dan opname. Oleh dokter beliau didiagnosis asam lambung meningkat Tiga hari opname beliau meninggal. Sejak saat itu aku tidak pernah membeli lontong kupang. Itulah kekuatan sugesti bisa berpengaruh kuat pada perilaku seseorang.

Rumahku, Sabtu, 16 Januari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasan kulinernya, Bunda. Salam literasi

16 Jan
Balas

Terima kasih atas apresiasinyaSalam kenal balik

17 Jan
Balas

Terima kasih atas apresiasinyaSalam kenal balik

17 Jan
Balas

Terima kasih atas apresiasinyaSalam kenal balik

17 Jan
Balas

Terima kasih atas apresiasinya pak Dede dan bu AsmahSslam kenal juga

28 Jan
Balas

Reportase yang keren bunda. Salam kenal dan salam literasi

16 Jan
Balas



search

New Post