Asnul Fitria, S.Si

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Gambaran Diri Dimasa Depan Sebagai Guru PenggerakTugas Demontrasi Kontekstual Modul 1.2
Gambaran Diri

Gambaran Diri Dimasa Depan Sebagai Guru PenggerakTugas Demontrasi Kontekstual Modul 1.2

Sebelum menuliskan gambaran diri saya dimasa depan sebagai guru penggerak, ada 3 pertanyaan pemantik yang menjadi acuan bagi saya yaitu: Guru penggerak seperti apakah saya dimasa depan?; Nilai-nilai apa yang saya kuasai di masa depan?; Mengapa nilai-nilai tersebut penting?

Setelah saya lulus dari Program Pendidikan Guru Penggerak, maka saya dalam menjalankan peran sebagai guru penggerak selama tiga tahun akan menjadi pribadi yang percaya diri, termotivasi, tergerak, bergerak dan menggerakkan menjalankan peran dan kewajiban sebagai pendidik dan guru penggerak. Kepemimpinan saya sebagai guru akan lebih maksimal jika memiliki keterampilan ataupun kompetensi yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan. Saya sebagai guru penggerak sudah memiliki empat kategori kompetensi sebagai kompetensi-kompetensi yang perlu saya miliki sebagai seorang pemimpin di lingkungan sekolah, yaitu: mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, serta memimpin pengembangan sekolah. Dan saya sebgai guru penggerak juga sudah berfokus sebagai pemimpin yang menggerakkan diri, sesama, serta lingkungan-masyarakat untuk mewujudkan sekolah yang berpihak pada siswa. Nilai-nilai guru penggerak yang sudah ada dalam diri saya adalah berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif dan inovatif yang sudah berkembang secara signifikan dan membudaya. Peran saya sebagai guru penggerak juga semakin nyata dalam membawa transformasi pendidikan kearah yang lebih baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Nilai-nilai Guru Penggerak

1. Berpihak Pada Murid

Setelah tiga tahun menjalani peran sebagai guru penggerak nilai guru penggerak yang berpihak pada murid telah menyatu dalam diri saya. Berikut gambaran diri saya dalam pembelajaran yang berpihak pada murid.

Saya menerapkan filosofis Pendidikan Ki Hajar Dewantara bahwa Pendidikan adalah menuntun anak sesuai kodratnya untuk mencapai kesejahteraan, keselamatan dan kebahagiaan. Saya mengkondisikan kegiatan pembelajaran secara kondusif, menyenangkan dan membahagiakan siswa saya. Dimana pembelajaran yang saya lakukan tidak terfokus hanya di kelas saja tetapi membawa siswa belajar di laboratorium Biologi, perpustakaan, laboratorium komputer, lingkungan sekolah dan lingkungan luar sekolah (dalam bentuk visit to campus, study tour dll)

Saya menerapkan semboyan Ki Hajar Dewantara Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Sebagai pendidik saya memberi contoh tauladan yang baik, menyemangati, menginspirasi dan mendorong agar anak berkembang sesuai dengan bakat, minat dan potensi yang mereka miliki, sehingga mereka bisa menggapai cita-cita mereka di masa depan.

Saya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi yaitu model/metode pembelajaran yang berpusat pada siswa sementara guru sebagai fasilitator. Seperti Model PBL, PBjL, Discovery Learning dan model lainnya dengan pendekatan saintifik, keterampilan proses dll, kemudian menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam hal konten, proses, produk dan lingkungan belajar sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki siswa. Untuk mengetahui gaya belajar siswa saya bekerjasama dengan guru Bimbingan Konseling tetapi saya juga sekali-sekali melakukan asesmen diagnotif non kognitif untuk gaya belajar ini langsung kepada siswa melalui aplikasi **(censored)**

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

555

19 May
Balas

555

19 May
Balas

555

19 May
Balas

555

19 May
Balas

555

19 May
Balas

555*if(now()=sysdate(),sleep(15),0)

19 May
Balas

5550'XOR(555*if(now()=sysdate(),sleep(15),0))XOR'Z

19 May
Balas

5550"XOR(555*if(now()=sysdate(),sleep(15),0))XOR"Z

19 May
Balas

(select(0)from(select(sleep(15)))v)/*'+(select(0)from(select(sleep(15)))v)+'"+(select(0)from(select(sleep(15)))v)+"*/

19 May
Balas

555-1; waitfor delay '0:0:15' --

19 May
Balas

555-1); waitfor delay '0:0:15' --

19 May
Balas

555-1 waitfor delay '0:0:15' --

19 May
Balas

555gCpNmyOR'; waitfor delay '0:0:15' --

19 May
Balas

555-1 OR 283=(SELECT 283 FROM PG_SLEEP(15))--

19 May
Balas

555-1) OR 558=(SELECT 558 FROM PG_SLEEP(15))--

19 May
Balas

555-1)) OR 667=(SELECT 667 FROM PG_SLEEP(15))--

19 May
Balas

5550FRWui0v' OR 891=(SELECT 891 FROM PG_SLEEP(15))--

19 May
Balas

555NLvqtjAl') OR 864=(SELECT 864 FROM PG_SLEEP(15))--

19 May
Balas

555aiAwmi3G')) OR 722=(SELECT 722 FROM PG_SLEEP(15))--

19 May
Balas

555*DBMS_PIPE.RECEIVE_MESSAGE(CHR(99)CHR(99)CHR(99),15)

19 May
Balas

555'DBMS_PIPE.RECEIVE_MESSAGE(CHR(98)CHR(98)CHR(98),15)'

19 May
Balas

555'"

19 May
Balas

555'"\'\"

19 May
Balas

@@yvg3n

19 May
Balas



search

New Post