Asrah

Nama Lengkap Asrah S.Pd. Lahir Di Aceh pada tanggal 02 Juli 1971. Menjadi Guru di SMK Negeri 4 Bondowoso Jawa Timur Mata pelajaran yang di ampu adalah Ba...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mukmin Itu Bersaudara ( Tantangan 345 )

Mukmin Itu Bersaudara ( Tantangan 345 )

By Asrah, S.Pd

Guru SMKN 4 Bondowoso

Tantangan 365 hari menulis

TantanganGurusiana

Mukmin Itu Bersaudara

Setiap mukmin itu adalah bersaudara walaupun terkadang kita tidak saling mengenal. Allah sudah memberikan chemistry kepada setiap mukmin yang hidup dunia ini. Oleh karena itu dengan chemistry / ikatan batin yang sudah Allah berikan kepada setiap mukmin dimanapun berada, maka hati kita, jiwa kita tergerak, tertarik untuk membantu, menolong dan juga saling perhatian antara mukmin yang satu dengan mukmin yang lain.

Maka tidak heran lagi kalau ada mukmin yang merasa kesusahaan, merasa menderita, merasa serba kekurangan maka mukmin yang lain yang merasa mampu, yang merasa berkecukupan tergerak hatinya untuk memberikan bantuan, memberikan sumbangan kepada mukmin yang sangat membutuhkan.

Jangankan membantu secara materi kepada mukmin yang membutuhkan bantuan akan tetapi dalam islam Allah menganjurkan untuk saling mendoakan antara sesama mukmin karena hakekatnya " Sesama Mukmin itu adalah saudara". Ada bait doa yang selalu kita ucapkan di setiap selesai sholat yaitu doa untuk orang muslim yang lain.

Seperti pengalaman penulis sendiri, ada seorang anak remaja bersepeda motor melewati depan tumah. Tiba tiba dia jatuh, dan kepalanya membentur ke tanah karena waktu itu tidak memakai helm. Saya melihat anak itu dibantu temannya mengeluarkan darah dari kepalanya. Saya merasa kasihan dan merasa takut melihat anak itu kenapa2, akhirnya saya mengambil kain dari rumah, lalu mengikatkan di kepalanya untuk mengurangi darah keluar dari kepalanya. Dan saat itu juga saya memaksa suami untuk membawanya ke Rumah sakit untuk mendapat pertolongan.

Saya sebenarnya tidak kenal anak itu, tidak kenal orang tuanya dan juga tidak tau dimana tempat tinggalnya. Karena sesama Mukmin hati ini tergerak untuk saling membantu. Karena kesedihan dan kesusahan mukmin lain juga merupakan kesedihan kita juga.

Semoga kita tergolong orang yang suka menolong dan membantu sesama khususnya sesama mukmin. Karena sesungguhnya kita adalah saudara.

Salam literasi

Bondowoso, 25-12-2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post