A S R I L, S.Sos.I

Guru PAI Pada SD Negeri 12 Tanah Gsram Kota Solok Sumatera Barat. Disamping sebagai seorang guru juga seorang Da'i/Muballigh yang mengajak umat ke jalan yang be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kacang Tojin, Cemilan Khas Hari Raya Idul Fitri di Ranah Minang
Gambar bersumber dari Google.com

Kacang Tojin, Cemilan Khas Hari Raya Idul Fitri di Ranah Minang

#TantanganGuruSiana

#Tantangan365 Hari Yang Ke- 392

Kacang Tojin merupakan makanan khas dari Ranah Minang. Makanan ringan ini merupakan makanan yang wajib ada di setiap hari raya idul fitri. Dikatakan wajib karena hampir setiap rumah di Ranah Minang pasti ditemui makanan yang satu ini.

Diluar Ranah Minang, Kacang Tojin disebut dengan kacang bawang. Uniknya, yang membedakan Kacang Tojin ini dengan kacang goreng lainnya adalah adanya tambahan irisan daun seledri yang menambah rasa gurih dan aroma yang harum.

Saat ini Kacang Tojin tidak hanya ditemukan diwaktu hari raya saja. Tapi diluar hari raya, Kacang Tojin ini sangat mudah memprolehnya di super market atau pun di pasar-pasar tradisional.

Kacang Tojin ini membuatnya tidaklah sulit. Bagi yang ingin mencoba untuk memasak Kacang Tojin ini bisa membuatnya dirumah. Berikut bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kacang Tojin dan cara memasaknya.

Bahan utama:

250 gram kacang tanah yang sudah dikupas 4 siung bawang putih (2 dihaluskan 2 diiris tipis) 4 tangkai daun seledri (iris tipis-tipis) Air panas secukupnya untuk merendam Minyak goreng seperlunya

Cara membuat

Rendam kacang tanah yang sudah dikupas dengan air mendidih, masukan bawang putih, garam halus aduk sampai merata. Diamkan selama 30 menit agar bumbu lebih meresap. Angkat dan tiriskan. Panaskan minyak dalam wajan sampai benar-benar panas lalu atur kompor ke api sedang atau kecil. Masukkan kacang tanah ke dalam minyak, sesekali aduk-aduk agar matang merata.

Saat kacang terlihat keemasan, masukkan irisan bawang putih dan daun selendri. Aduk-aduk sebentar agar tercampur lalu angkat dan tiriskan. Taruh kacang tojin goreng ini di atas kertas penyerap minyak. Saat ini mungkin si kacang masih terlihat lembek tapi tidak perlu khawatir, proses pematangan masih berlangsung. Diamkan sebenar sampai kacang benar-benar kering.

Gunakan minyak goreng baru, pastikan kacang terendam dalam minyak. Sebaiknya minyak hanya untuk beberapa kali goreng agar kacang tidak mudah tengik. Goreng dengan menggunakan api kecil, proses memang lebih lama tapi hasilnya lebih baik. Kalau ingin menambah aroma bisa menambahkan sedikit irisan daun jeruk. Agar lebih gurih bisa mengganti air panas perendaman dengan santan cair.

Tips

Agar hasil akhir kacang tojil benar-benar gurih, renyah dan matang merata pilihlah kacang berkualitas baik, terlihat dari bentuknya masih cantik belum kisut. Kalau ada 1 atau 2 biji yang kisut maka segera buang, yang ini rasanya pahit saat digigit. Selamat mencoba.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Solok, 14 Maret 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantafff kacangnya pak

14 Mar
Balas



search

New Post