A S R I L, S.Sos.I

Guru PAI Pada SD Negeri 12 Tanah Gsram Kota Solok Sumatera Barat. Disamping sebagai seorang guru juga seorang Da'i/Muballigh yang mengajak umat ke jalan yang be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Orang-Orang Yang Disayangi Oleh Allah
Gambar bersumber dari Google.com

Orang-Orang Yang Disayangi Oleh Allah

#TantanganGuruSiana

#Tantangan365 Hari Yang Ke- 383

Dalam sebuah hadis Qudsi, Allah berfirman ”Aku cinta kepada tiga jenis manusia, tetapi Aku jauh lebih cinta lagi kepada tiga jenis manusia lainnya. Aku cinta orang kaya yang pemurah, tetapi Aku lebih cinta lagi kepada orang miskin yang pemurah, Aku cinta orang miskin yang rendah hati, tetapi Aku lebih cinta lagi kepada orang kaya yang rendah hati, Aku cinta orang tua yang bertaubat, tetapi Aku lebih cinta lagi kepada anak muda yang bertaubat.”

Dari hadits Qudsi diatas dapat kita ketahui bahwa Allah itu mempunyai rasa sayang yang lebih kepada tiga golongan. Tiga golongan manusia yang lebih disayangi oleh Allah dari hamba-hamba-Nya yang beriman adalah :

1. Allah cinta kepada orang kaya yang pemurah, tapi Allah lebih cinta lagi kepada orang miskin yang pemurah.

Bermurah hati adalah ajaran agama yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk mengerjakannya. “Tangan di atas (pemberi) lebih baik dari tangan di bawah (penerima)”. (HR. Bukhari). “Harta yang disedekahkan tidak akan susut (berkurang)” (HR. Muslim).

Ketika orang kaya menjadi orang yang pemurah, Allah sayang kepada mereka. Namun ketika ada orang miskin yang pemurah, Allah menjadi lebih sayang kepada mereka. Seandainya orang kaya bersedekah Rp.100.000,-, orang miskin juga bersedekah Rp.100.000,-,sungguh pahala sedekah orang miskin jauh lebih tinggi dari orang kaya. Kalau orang kaya mengeluarkan uang sebesar itu tidak terlalu menjadi masalah bagi mereka. Karena memang mereka punya banyak uang. Tapi bagi orang miskin uang sebesar itu sangat sulit untuk mendapatkannya.

2. Allah cinta kepada orang miskin yang rendah hati, tapi Allah lebih sayang lagi kepada orang kaya yang rendah hati.

Allah cinta kepada orang yang rendah hati. Orang miskin yang rendah hati itu memang sudah semestinya dan seharusnya, karena tidak ada yang mereka banggakan dalam kehidupan ini. Sekiranya orang miskin sombong tentu itu menjadi lebih tidak pantas lagi. Manakala ada orang kaya yang rendah hati, tentu hal ini menjadi lebih luar biasa lagi. Karena orang kaya dengan semua kekayaan yang mereka miliki bisa saja menjadi angkuh dan sombong sebab mereka punya segalanya. Tapi dengan kekayaan yang mereka miliki justru mereka menjadi rendah diri. Disitulah letak sayang Allah kepada mereka.

3. Allah cinta kepada orang tua yang bertaubat, tapi Allah lebih cinta lagi kepada anak muda yang bertaubat.

pada umumnya orang-orang yang sudah berusia lanjut tentu mereka sudah tidak banyak lagi memikirkan kehidupan dunia ini. Hal ini sudah seharusnya mereka lakukan. Mereka lebih banyak memikirkan ibadah dan kehidupan akhirat. Mereka lebih banyak bertaubat kepada Allah. Maka hal ini tentu akan mendatangkan rasa sayang Allah kepada mereka. Disisi lain ketika ada anak muda yang bertaubat kepada Allah. Maka Allah akan lebih menyayangi mereka. Mengapa? Diusia yang relatif muda dan darah muda mereka masih bergejolak tapi mereka bisa menundukkan semua itu. Mereka menjadi anak muda yang taat beribadah kepada Allah.

Semoga kita termasuk orang-orang yang disayangi oleh Allah dan selalu mendapatkan kasih sayang Allah. Selalu berada di jalan yang lurus dan di redhoi oleh Allah.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Solok, 05 Maret 2021.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih abangda atas ulasan yang luar biasa ini. Sukses selalu dan salan literasi.

06 Mar
Balas



search

New Post