Astatik Bestari

Ketua Yayasan Bestari Indonesia ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Peserta Didik Dihukum Karena Tidak Ikut Ekstra Kurikuker?
Dukungan orang tua terhadap passion dan minat anak yang tidak dijumpai di ekskul

Peserta Didik Dihukum Karena Tidak Ikut Ekstra Kurikuker?

Peserta Didik Dihukum Karena Tidak Ikut Ekstra Kurikuker? Sedih juga menyaksikan peserta didik yang menjalani sanksi akibat tidak ikut kegiatan ekstra kurikuler di sekolah yang tidak mereka minati. Ekstra kurikuler yang saya pahami untuk mengembangkan potensi minat dan bakat peserta didik bukanlah kegiatan pantes²an saja, menggugurkan label sbg sekolah tdk punya aktivitas. Kegiatan ini mestinya membuat anak semakin berkarakter baik karena bakat dan minatnya diakomodasi. Anak itu memiliki minat dan bakat yang berbeda. Kalau kegiatan ekstra kurikuler yang dipatok sekolah adalah kegiatan yg tdk mereka minati, apa bisa mereka menjalani kegiatan dengan bahagia dan bersemangat? Ketidakhadirannya di sekolah janganlah keburu dianggap sbg ketidakpatuhan sehingga harus dihukum di waktu lainnya.

Saatnya sekolah mendata minat dan bakat peserta didik yang serius. Tidaklah mungkin ada ratusan peserta didik yang memiliki minat dan bakat yang sama dari aktivitas ekstra kurikuler yang jumlahnya tidak lebih dari 3 kegiatan.

Janganlah dikit-dikit sanksi, dikit dikit sanksi, evaluasilah apa yang tak tepat dalam program sekolah.

Sungguh saya sedih kalau menyaksikan anak berlarian mengikuti kegiatan sekolah karena mereka takut dihukum. Dampak dari hukuman itu meski tak menyakiti fisiknya, nyatanya kemungkin menyakiti mentalnya. Dipermalukan di depan kawan²nya, dikapokkan dengan cara² yang sejatinya guru tsb juga tidak mau jalani andai beliau di masa -masa menjadi peserta didik di sekolah.

Kapan sekolah menjadi institusi yang paling berjasa dalam membentuk karakter baik dan mengembangkan minat dan bakat peserta didik hingga menjadi prestasi yang melejit dan membanggakan?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren bu tulisannya, salam literasi

31 May
Balas

Artikel yang bagus bu

01 Jun
Balas

Mantap bun tulisannya. Salam litarasi.

31 May
Balas

Sekolah hebat karena di dalamnya ada guru-guru yang hebat. Guru hebat karena siswa berhasil menjadi anak-anak yang hebat. Salam semangat.

01 Jun
Balas



search

New Post