ASWANDI, S.Pd

TIDAK AKAN PERNAH MENYERAH SELAGI NAFAS TERUS MENGALIR...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jam Gadang

Jam Gadang

JAM GADANG

Jam Gadang adalah sebuah ikon dari salah satu wilayah yang ada di Sumatera Barat yang tepatnya bernama kota Bukittinggi. Jam Gadang ini sudah ada semenjak masa lalu, dengan bentuk bangunan yang tergolong sederhana tetapi mampu menyedot banyak perhatian orang yang berkunjung untuk melihatnya. Begitu sederhananya, hanya seakan terdiri dari bangunan balok persegi panjang yang terdiri dari dari lima tingkat yang pada puncak tertingginya diberi atap yang melambangkan atap rumah gadang.

Atap ini kabarnya sudah mengalami banyak perobahan sehingga bentuk terakhir seperti yang bisa kita lihat saat ini, dibawah atapnya terdapat sibol penanda waktu yang dikenal dengan jam. Karena jam ini berada pada ketinggian lebih kurang 15 meter dan saat dibangun ini merupakan sebuah jam yang letaknya sangat tinggi dan ukurannya lebih besar dari jam kebanyakan yang ada pada masa itu. Keberadaan jam ini ditopang oleh bangunan yang juga cukup kokoh dan kuat sehingga muncullah sebuah nama yang menurut dugaan penulis karena kekagetan serta kagumnya para pengunjung yang melihat yang selalu mengeluarkan kata “ Jam Gadang “. Sampai saat ini nama ini menjadi yang tak terlupakan bagi kita yang akan selalu ingat dengan kota Bulittinggi.

Sampai saat ini berbagai usaha dari pemerintah selalu dilakukan untuk mengembangkan bangunan dan lokasi disekitarnya guna untuk menarik minat para pengunjung yang pada akhirnya akan meningkatkan inkam dari kota itu sendiri. Jam Gadang selalu dipercantik dan kegiatan untuk mendukung lokasi ini sebagai salah satu yang harus dikunjungi selalu dilakukan, diantaranya melakukan kegiatan senam masal setiap pagi di hari libur.

Keberadaan lokasi penunjang Jam Gadang selalu mengalami renovasi, renovasi terakhir dilakukan diakhir tahun 2018 ini. Yang semakin mempercantik dan anggunnya Jam Gadang itu sendiri yang kini berdiri megah bak raja ditengah rakyatnya.

Tempat ini selalu menjadi salah satu pilihan bagi semua pengunjung untuk bersantai melepas capek setelah mengelilingi kota bukittinggi. Karena keberadaannya ditengah kota yang mudah untuk dijangkau maka lokasi ini selalu ramai dengan pengunjung setiap hari baik yang dari mancanegara maupun domestic.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post