Atik Barokah Waladiyah,M.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar dan Bermain Menggunakan Dolanan Tradisional Umbul
Menulis

Belajar dan Bermain Menggunakan Dolanan Tradisional Umbul

Belajar dan Bermain Menggunakan Dolanan Tradisional Umbul

Oleh: Atik Barokah W

Pembelajaran di kelas jika tidak di selingi dengan kegiatan yang menarik akan membuat siswa merasa jenuh. Kejenuhan anak-anak terkadang diisi dengan permainan anak yang trend saat ini yaitu gebokan dengan menggunakan Umbul. Melalui permainan anak, diharapkan dapat menumbuhkan semangat kerjasama, sportivitas, serta memahami aturan dalam bermain. Berkaca dari kehidupan zaman sekarang yang membiasakan anak- anak untuk memegang handphone sebagai media belajar anak, mereka cenderung menjadikan handphone sebagai alat satunya satunya untuk bermain. Anak hanya akan pasif, tidak ada umpan balik dan komunikasi dari berbagai arah, yang hanya adalah emosi anak yang tidak tersalurkan dengan baik sehingga anak akan lebih cenderung berperingai buruk, mudah marah, dan sangat individualis.

Dengan memperkenalkan anak pada permainan-permainan anak yang melibatkan aktivitas fisik, gerak tubuh, koordinasi, dan keseimbangan, serta kerjasama akan membantu anak lebih aktif, kreatif, serta memberdayakan kemampuan otak dan memaksimalkan energi dalam tubuh, serta melatih kepekaan dan kemampuan sosial anak menjadi semakin tertata dan matang. Dan juga anak bisa memperoleh pengalaman belajar yang nyata tidak hanya lewat satu sumber atau satu media buku saja, tetapi lebih meninggalkan kesan yang mendalam lewat ingatan dan juga perasaan anak dalam kehidupannya. Ketika anak bermain, ia akan mengekspresikan kegembiraan hatinya serta berkomunikasi dengan teman sebayanya. Sehingga, anak bisa belajar bersosialisasi dan juga bergaul dengan lingkungan sekitarnya.

Tujuan menggunakan media pembelajaran ini menjelaskan pembuatan dan penggunaan umbul sebagai media pembelajaran, sehingga pembelajaran menyenangkan. Sedangkan manfaatnya membantu siswa untuk memahami dan menarik minat siswa dalam konteks pembelajaran sehingga menyenangkan. Selain itu memberi motivasi belajar dan meningkatkan rasa ingin tahu dalam diri siswa.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini atau pendekatan yang digunakan mengikuti kegiatan siswa, yang lagi ngetrend yaitu bermain umbul. Siswa senang melakukan permainan ini. Mereka berkumpul membentuk lingkaran dengan setumpuk umbul dipegangnya, kemudian memainkannya bergantian. Caranya dengan di gebok (bahasa Jawa) atau memukulkan tangan kelantai. Pemenangnya adalah yang bisa menggebok hingga umbulnya jatuh.

Desain media ini sangat simpel, yaitu memakai umbul yang dipakai siswa-siswi bermain dengan menambahkan gambar materi pembelajaran. Misalnya materi fiqih tentang salat, gambar yang digunakan adalah gambar gerakan salat. Caranya dengan menempelkan gambar tersebut ke salah satu gambar umbul tersebut.

Alat yang digunakan adalah sangat sederhana yaitu lem, umbul, gambar materi,dan gunting. Alat-alat tersebut mudah didapat dan mudah dibuat.

Adapun cara penggunaan media ini sebagai berikut :

1. Siswa membentuk kelompok 3-5 anak

2. Siswa membentuk lingkaran

3. Siswa diminta suit, untuk menentukan yang main duluan

4. Siswa yang bermain duluan meletakkan umbul di tengah-tengah lingkaran siswa, kemudian menggeboknya sekali

5. Jika hasil gebokkan tadi terlempar dan terbuka maka siswa tersebut membaca apa yang ada dalam gambar tersebut, begitu seterusnya

6. Jika menjawabnya salah mendapatkan hukuman membuat pertanyaan dari umbul yang lain, hingga waktu permainan habis.

Setelah memakai media ini pembelajaran menjadi menarik karena bermain tanpa disadari sudah sambil belajar. Bahkan sampai tidak mau pulang. Akhirnya tidak terasa siswa menjadi faham dan tentunya nilai meningkat.

Profil

Atik Barokah Waladiyah,M.Pd. Lahir di Blitar pada tanggal 5 September 1978. Saya mendapatkan amanah sebagai guru kelas 2 di MI Unggulan Darusalam Ponggok Blitar Jawa Timur.. Saya belajar menulis terinspirasi dari teman dan melihat di medsos, dulu pernah cerpen menulis saat di SMP. Sekarang sudah ada 7 buku antologi yaitu Merajut Aksara Murid Tercinta, Labuhan Hati, Teacher vs Corona, Sepenggal Kisah Guru Inspiratif, Cinta tanpa tapi, rasa kehilangan dan Merdeka buliying. FB:Atik Barokah. Email: [email protected], HP.085736745042

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post