ATIN KARTINAH

Praktisi pendidikan dalam bahasa Inggris. Peraih juara ke 1 pada lomba guru berprestasi, juara ke 1 pada lomba Inovasi PNS tingkat propinsi Jawa Barat, pinalis ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENGAJARAN DI ERA DIGITAL

PENGAJARAN DI ERA DIGITAL

Sejalan dengan perubahan yang sangat cepat pada abad ke-21 khususnya di era teknologi informasi telah menuntut institusi pendidikan untuk berfikir keras. Salah satunya dengan mengubah pendekatan dalam dalam proses pembelajaran dari yang tradisional kedalam pola yang lebih modern. Kemudian diharapkan pula informasi bisa lebih mudah diperoleh baik oleh siswa ataupun guru.

Cara belajar mengajar seharusnya betul-betul pula dibuat guna mempersiapkan siswa menghadapi tantangan-tantangan baru. Metoda mengajar, pengelolaan kelas dan cara pendidik memotipasi siswa seharusnya disesuaikan juga dengan dunia siswa itu sendiri. Untuk semua tuntutan tersebut pendidik diharapkan senastiasa menyegarkan kembali pemikirannya dengan pengetahuan, keterampilan teknology dan informatika dalam pendidikan yang cukup sehingga bisa beradaptasi dengan tuntutan siswa yang hidup di era digital.

Sebagai pendidik di era ini diharapkan pula menyadari akan semua tantangan ini. Kreatifitas dan inovasi seorang pendidik diharapkan bisa memupuk siswa untuk berpikir kreatif, mengkonstruksi ilmu pengetahuan dan mengembangkan hasil yang inovatif melalui penggunaan teknologi. Siswa bisa menggunakan media digital untuk berkomunikasi dan bekerja secara kolaboratif dengan siswa-siswa lain bahkan dibelahan bumi yang berbeda. Jarak bukanlah lagi menjadi rintangan untuk siswa bertukar ilmu pengetahuan.

Berkenaan dengan kurikulum yang sedang digulirkan pada saat ini yaitu dengan menggunakan kurikulum 2013. Tentunya semua amanat yang terdapat pada kurikulum itu harus dilaksanakan dengan baik pula. Salah satunya terdapat pada Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tertera jelas bahwa pembelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan teknologi komunikasi dan informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektipitas pembelajaran, juga suasana belajar yang menyenangkan.

Salah satu alternatif aplikasi yang bisa dimanfaatkan di dalam kelas misalnya dengan menggunakan pasilitas App dalam proses belajar mengajar salah satunya adalah Quipper School dan ScreencaseOmatic bisa menjadi salah satu solusi.

Quipper School sebagai salah satu situs pendidikan yang yang berpusat di Inggris bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran siswa secara on-line dan off-line. Pada situs ini menyediakan berbagai materi pembelajaran dan soal-soal latihan yang disuguhkan dalam bentuk quiz-quiz yang menarik. Dengan menggunakan salah satu media ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi siswa untuk memperdalam materi pembelajaran lebih banyak tetapi tidak membuat mereka bosan karena cara penyajiannya dalam bentuk quiz yang sangat menarik buat siswa.

APP lain yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran yaitu ScreencaseOmatic yang diinisiasi oleh Dr.Gumawang Jati. Beliau adalah seorang dosen di Institute Teknologi Bandung. ScreencaseOmatic bisa digunakan sebagai media ajar oleh guru terutama untuk pengajaran berbicara dalam bahasa Inggris. Tetapi juga bisa digunakan oleh siswa itu sendiri sebagai alat untuk melatihkan kemampuan bahasanya.

Semoga dengan memampaatkan pasilitas situs pendidikan baik secara on-line dan off-line proses pembelajaran dan penyerapan materi dapat lebih optimal guna meraih tujuan pendidikan Nasional lebih luasnya lagi.

Technology will never replace teacher but teacher who doesn’t use technology will be replaced by teacher who know and use technology”.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Artikel yang isinya sangat bermanfaat. Insyaa Allah saya akan mencoba Quipper School-nya. Terima kasih, Bu Atin

27 Dec
Balas

sama2 pa...berbagi sedikit pengalaman pa.

01 Jan



search

New Post