aulia salsa nabila

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Produktif Berkarya untuk Meraih Masa Depan Cemerlang

Oleh: Aulia Salsa Nabila

Produktif ialah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu secara efektif. Apakah produktif ini bisa mengubah sifat kita yang awalnya bermalas-malasan menjadikan seorang yang aktif? Jawabannya, "Tentu saja bisa!"

Di zaman sekarang kita seringkali bermalas-malasan dan membuang-buang waktu yang sangat berharga dan bermanfaat. Padahal bila kita produktif, kita akan memiliki waktu yang lebih banyak dibanding orang lain, karena kita mampu mengatur waktu dengan cukup baik dan efektif. Selain itu, bila kita produktif, akan sangat menguntungkan, tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain dan lingkungan.

Adapun manfaat lain dari seseorang yang produktif ialah:

1. Bertanggung jawab;

2. Dapat dipercaya; dan

3. Percaya diri.

Selanjutnya, ada tips cara mengembangkan diri kita agar menjadi produktif:

1. Membuat jadwal yang akan dilakukan

dalam sehari

Contoh:

05..00 - 05..30. bangun pagi dan melakukan olahraga pagi

2. Memiliki ruang kerja

Kita harus memiliki ruangan kerja khusus, karena jika kita mengerjakan sesuatu di atas kasur kita akan merasa malas.

3. Membaca buku

Membaca buku itu sangat penting karena dapat menambah wawasan kita.

4. Menentukan rencana ke depan dan mengevaluasi pelaksanaannya

Menentukan rencana sangatlah penting sebagai pedoman untuk segala aktivitas kita. Selanjutnya, evaluasi sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah yang dikerjakan itu sudah bermanfaat dan mengguntungkaan atau belum.

5. Melakukan kegiatan secara rutin

Melaksanakan kegiatan/aktivitas dengan rutin dapat meningkatkan produktivitas kita. Aktivitas yang dilakukan terus menerus dapat meningkatkan skil kita.

6. Memberikan apresiasi

Pemberian apresiasi pada diri sendiri mungkin sering dianggap hal sepele. Padahal hal ini sangat bermanfaat untuk untuk memberi energi positif yang dapat meningkatkan produktivitas.

7. Menghindari kegiatan yang tidak berguna dan tidak ada manfaatnya

Hal ini sangat penting karena jika kita melakukan hal yang tidak bermanfaat atau tidak meningkatkan kemampuan kita, maka akan sia sia saja waktu yang digunakan.

8. Memastikan diri kita menyukai apa yang kita sukai

Jika kita menyukai sebuah kegiatan, kita pasti mudah beradaptasi dan dapat dengan cepat memahami yang kita lakukan dan dengan cepat kita mampu mengasah skill kita.

9. Mencatat kekurangan dalam diri kita

Dengan mencatat kekurangan diri sendiri, kita dapat memilah dan menghindari hal-hal yang tidak menguntungkan.

10. Mencatat kelebihan dalam diri kita

Mencatat kelebihan dapat meningkatkan produktivitas dengan cepat.

Bila kita berkarya, sebelumnya kita harus mengetahui apa yang kita minati dan kita sukai agar kita dapat melakukannya dengan senang hati dan tidak merasa ingin bermalas-malasan ketika melakukannya. Salah satu contoh produktivitas atau karya kreatif yang berpeluang menghasilkan produk yang menguntungkan adalah produk makanan. Mengapa produk makanan? Karena produk tersebut selalu kita perlukan terus menerus sebagai kebutuhan pokok. Namun demikian, sekali lagi, ketika kita akan berkarya dan produktif, kita harus memerhatikan minat dan potensi kita.

Mari berkarya dengan produktif, demi meraih masa depan cemerlang!

***

Daftar Pustaka: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/15112/Simak-Tips-Mengatur-Waktu-Supaya-Tetap-Produktif-Dan-Sehat-Di-Akhir-Pekan.html

Biodata Penulis: Haloo semuanya perkenlakan nama saya Aulia Salsa Nabila saya adalah salah satu siswi dari SMKN 12 Malang, dan saya mengambil jurusan Perkembangan Perangkat Lunak(PPLG) saya masih kelas 10 dan saya lahir tanggal 14 Maret 2007 Malang , hobi saya adalah membaca novel fiksi dan suka kegiatan yang berkelompok,

No Whatsapp : +628589648512

Email : [email protected]

itu saja perkenlan dari saya terimakasih semuanya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post