AYUM HAYATI. S.Pd

Guru SMP Negeri 7 Banjar mengajar mata pelajaran IPA. moto hidup belajar tiada henti, berbagi dapat pahala...

Selengkapnya
Navigasi Web
Daun Kenikir
Tanaman Kenikir (Cosmos caudatus)

Daun Kenikir

Setahun yang lalu saya menderita penyakit Diabetes mellitus , saya kaget karena keluarga saya tidak ada memiliki penyakit tersebut. Non genetik. Saya heran mengapa gula darah naik hingga 400 mg/dl. Kondisi saya memang lemas, pusing, kliyengan, bahkan sampai terjatuh tiba-tiba tanpa merasakan lemas terlebih dahulu. Bruk. Saya ambruk di mana saja, entah itu di rumah ataupun di luar rumah. Saya mencoba terapi tetapi tak kunjung sembuh. Aktivitas saya masih normal seperti biasa hanya merasakan bahwa tubuh ini lemas. Panik.

Saya pergi ke dokter langganan saya, niatnya mau periksa saja. Setelah diperiksa saya kaget karena gula darah naik tinggi melebihi normal hingga 400 mg/dl, badan saya panas, tekanan darah tinggi , saya konsultasi dengan dokter katanya jika dalam waktu tiga hari semuanya belum turun harus cek laboratorium. Hari itu juga saya pergi ke Rumah Sakit untuk cek laboratorium. Hasilnya gula darah memang tinggi dan mengharuskan saya di rawat di Rumah Sakit selama tiga hari.

Mulai saat itulah saya rutin konsumsi obat kimia untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Setahun sudah saya berkawan dengan obat penurun gula darah dan tensi, hingga suatu ketika teman SMA saya dulu, menyarankan mengkonsumsi daun yang mampu mengatasi gula darah dan tensi. Daun Kenikir. Saya tolak karena saya tidak percaya daun tersebut berkhasiat seperti itu. Teman saya terus menyarankan agar saya mau mencoba. Saya menolak karena daun tersebut rasanya sedikit getir dan berbau. Dengan bujuk rayu dan penjelasan yang masuk di akal saya berani mencoba.

Pertama kali memakan daun kenikir memang tidak enak di lidah, getir, sedikit berbau, dan agak sepat. Terus berusaha untuk suka karena banyak orang mengatakan sama bahwa daun kenikir obat diabetes. Tidak instan. Sebulan setelah saya mengkonsumsi daun kenikir, gula darah turun walaupun pemeriksaan setelah makan. Biasanya kalau periksa kadar gula darah setelah makan maka otomatis naik. Tensi pun perlahan turun.

Akhirnya saya rutin mengkonsumsi daun kenikir, bahkan saya menanam di rumah. Selain sebagai tanaman hias juga bisa dikonsumsi sebagai obat. Rasa getir, sedikit berbau dan sepat pun hilang karena terbiasa.

Selain untuk diabetes dan menurunkan tekanan darah kenikir memiliki khasiat lain diantaranya : mencegah oetoporosis, sumber anti oksidan tinggi, mengobati asam lambung, detoksifikasi, mencegah sakit gondongan, memelihara kesehatan gigi, mencegah pertumbuhan sel kanker (sumber TOH).

Sekelumit pengalaman saya mengkonsumsi daun kenikir. Tetapi untuk pengobatan seperti diabetes juga bisa mengkonsumsi obat herbal yang lain selain daun kenikir. Semoga bermanfaat.

Banjar, 2 Pebruari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post