Aziza Sri Wahyuni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
EKSPLORASI KONSEP

EKSPLORASI KONSEP

EKSPLORASI KONSEP MODUL 2.2 KASU 1

Oleh: AZIZA SRI WAHYUNI, S.Pd., Gr.

CGP ANGKATAN 7 KAB. OKU

Pengantar dan Latar Belakang:

Bapak Eling adalah seorang guru PPKN SMP selama lebih dari 15 tahun. 5 tahun belakangan, ia juga berperan sebagai wakil kepala sekolah bidang kemuridan. Selain mengajar PPKN, perannya sebagai wakil kepala sekolah memberikannya tanggung jawab untuk merancang kebijakan pendisiplinan murid, melakukan supervisi dan sebagai pendamping dalam kegiatan-kegiatan dan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan kemuridan. Pada bulan September, kepala sekolah menunjuk Bapak Eling sebagai ketua panitia perayaan ulang tahun sekolah.

KASUS 1

Saat itu jam pelajaran terakhir. Sebelum rapat panitia besar ulang tahun sekolah untuk memfinalisasi acara, Bapak Eling masuk ke kelas 9 untuk mengajar mata pelajaran PPKN. Sejak pagi, Bapak Eling sudah mengajar 3 kelas yang berbeda secara berurutan. Pada pelajaran ini, anak-anak diizinkan menggunakan gawai mereka untuk mengerjakan proyek kelompok. Setelah beberapa saat Bapak Eling melakukan pengecekan apakah setiap murid bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab mereka. Saat mendekati meja salah satu murid, Diana, Pak Eling mendapati muridnya itu sedang menggunakan gawainya untuk mengerjakan tugas pelajaran lain. Bapak Eling spontan mengeluarkan kata-kata dengan nada tinggi. “Jadi ini yang dari tadi kamu lakukan?” Seisi ruang kelas terkejut. Wajah Diana memerah. Ia tampak malu dan tidak menyangka Bapak Eling merespon sekeras itu

Jawablah pertanyaan berikut.

Apakah situasi yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat, padat, dan jelas. Berdasarkan pemahaman tentang KSE kesadaran diri yang berlandaskan kesadaran penuh (mindfulness) yang sudah Anda pelajari, bagaimana Bapak Eling dapat merespon situasinya dengan kompetensi tersebut? Jelaskan alasan Anda.

JAWABAN :

1. Situasi yang di hadapi oleh Bapak Eling

Jika di telaah dari kasus yang di sediakan Bapak Eling sedang berada pada situasi yang sangat sibuk dan juga kelelahan dimana banyak beban pekerjaan yang harus beliau selesaikan, sehingga beliau kurang mampu untuk mengkontrol emosionalnya dalam menghadapi suatu kejadian yang tidak sesuai dengan yang beliau harapkan sehingga meresponnya dengan kemarahan.

2. Berdasarkan Pemahaman tentang KSE kesadaran diri yang berlandaskan kesadaran penuh (mindfulness) seharusnya Pak Eling fokus kepada yang menjadi tugasnya, kemudian melakukan manajemen diri yaitu mengkontrol emosi dengan kejadian yang di hadapi dan juga harus memahami tentang kesadaran sosial bahwa membentak di depan umum akan melukai pihak lain. Serta Bapak Eling pun membutuhkan menenangkan diri dengan bertanya kepada murid mengapa melakukan hal tersebut sehingga ada sikap saling memahami Antar Pak eling dan murid nya sehingga dapat mengkontorl emosionalnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post