aziza

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH
Tantangan menulis dihari ke-490

LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH

Literasi adalah kemampuan bernalar menggunakan bahasa. Literasi itu bukan hanya kemampuan membaca namun literasi merupakan kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi merupakan kemampuan menganalisis dengan menggunakan angka-angka.

Literasi dan numerasi membantu seseorang mendapatkan keterampilan dasar yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Kemampuan literasi dan numerasi penting untuk mengakses program pendidikan yang lebih luas karena digunakan dalam banyak aspek kehidupan.

Terkait dengan literasi dan numerasi SMAN 2 Palu ditetap sebagai pendampingan pelaksanaan literasi dan Numerasi oleh LPMP. Maka telah dilaksanakan sosialisasi sebagai sekolah yang menerapkan literasi dan Numerasi oleh tim LPMP pada hari Kamis tanggal 21 Oktober 2021 pukul 08.00-12.00 WITA di ruang guru SMA Negeri 2 Palu.

Dengan tujuan membahas strategi penguatan literasi dan numerasi melalui tim literasi sekolah. Dan melatar belakangi pencapaian PISA, Assesmen Nasional, learning loss di masa pandemi serta literasi dan numerasi sebagai komponen utama AKM pengganti UN.

Dengan harapan adanya integrasi pembelajajaran literasi membaca dan numerasi dalam mata pelajaran yang diampuh. Serta siswa dapat merespon soal AKM saat mengikuti assesmen nasional. Dan upaya untuk menguatkan kompetensi literasi membaca dan numerasi. Agar perbaikan layanan diberikan sekolah untuk menguatkan kompetensi leterasi membaca dan numerasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Widyaprada Ahli Madya ibu Agnes Maria Siaba sebagai narasumber dan Analis Kemitraan bapak Saparuddin sebagai pendamping di SMA Negeri 2 Palu serta kepala SMA Negeri 2 Palu bapak Eddy Siswanto. Adapun peserta sosialisasi adalah tim literasi dan Numerasi sekolah serta GTK SMAN 2 Palu.

Terjadi perbincangan penuh kehangatan serta keakraban antar tim LPMP dengan tim literasi dan Numerasi sekolah. Diakhir kegiatan saya menyerahkan dua buku antologi "Lerasi Keluarga dan Lierasi Sekolah" kepada tim LPMP. Buku tersebut merupakan hasil lomba para gurusianer yang diselenggarakan oleh Media Guru Indonesia. Semoga buku tersebut bermanfaat dan dapat dinikmati keindahan yang terkandung dalam bacaan buku tersebut. Menulis kisah, mencatat sejarah.

Palu, 22 April 2021

Salam.literasi dari Palu Sulteng

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul kegiatannya bu, sukses selalu

22 Oct
Balas



search

New Post