Bagus Sasmito Edi Wahono

Guru Bahasa dan Sastra Indonesia, Pegiat Literasi dan Ketua Dewan Kesenian Gresik...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERAHU-PERAHU MIMPI (4)

PERAHU-PERAHU MIMPI (4)

Rona mukanya memerah saat ia menceritakan kisah ini, jelas terbaca kesedihan yang mendalam. Aku yakin ia sangat-sangat kehilangan. Anak mana yang tidak perih harinya saat ditinggalkan orang tuanya untuk selama-lamanya. Saat bercerita, sesekali ia berusaha menutupi perasaan, aku tahu ia benar-benar bersedih. Apalagi dengan kepergian mamaknya yang beberapa tahun ia tinggalkan. Di saat beberapa impian telah ia raih, di saat yang sama Tuhan mengambil nikmat yang telah diberikan. Aku tahu, jika tidak sedang di hadapanku, pastilah ia akan menangis sesenggukan.

Kini sudah banyak nikmat yangtelah Tuhan berikan kepadanya. Ia telah berhasil melewati serangkaian tikungan, turunan dan tanjakan yang Tuhan persembahkan untuk kehidupannya. Tujuan utamanya merantau dulu adalah ingin menjadi orang yang berguna untuk lingkungannya, untuk kampung halamannya. Ia bercita-cita ingin mengabdikan diri untuk kemakmuran desanya yang jauh dari perkotaan. Ia melihat tidak sedikit anak-anak yang putus sekolah dan tidak mengenyam pendidikan. Faktor utamanaya adalah ekonomi. Rata-rata penduduk di desanya adalah buruh tani tambak, sehingga pendidikan sangat diabaikan. Suatu saat nanti ia akan kembali ke kampung halaman, membangun desanya yang terbelakang. Ia ingin mengubah pikiran orang-orang di desanya yang menganggap pendidikan tidaklah penting.

Perjuangan mengubah paradikma masyarakat di desanya sebetulnya telah mulai ia rintis sejak setahun yang lalu. Ia merintis “Rumah Belajar Anak Pinggiran”. Lembaga pendidikan non formal ini didirikan bersama adiknya dan segenap masyarakat di desanya sebagai wujud pengabdian untuk kampung halamannya, bentuknya adalah berupa layanan pendidikan untuk anak pinggiran yang haus akan pendidikan.

Meskipun belum cukup lama lembaga ini didirikan, namunrupa-rupanya cukup tinggi antuasias masyarakat yang mendukung serta membantu menghidupkan kegiatan di lembaga ini. Beruntungnya, banyak pemuda seusia adiknya yang dengan sukarela mengajar di sini. Ia sangat bersyukur lembaga ini bisa berjalan dan berkembang dengan cepat.Tahun ini lembaga itu sudah mengantongi izin operasional sebagai lembaga formal berbentuk sekolah. Ia berharap semakin banyak masyarakat di desanya yang dermawan yang mau memikirkan nasib anak-anak pinggiran disana.

Ia bercerita dengan penuh semangat. Menggelora seperti puluhan anak panah yang dilesatkan dari busurnya, Berkali-kali aku berdecak kagum. Berkali-kali ia mengatakan bahwa perjuangannya belum usai. Ia masih memiliki impian-impian yang menggunung di sanubarinya.

Dimeja baca yang bersih, antara barisan rak-rak buku perpustakaan yang sejuk, hatiku merenung, aku ingat dengan kata-kata yang pernah diucapkan Wayne Huizenga dan Zig Ziglar dalam bukunya :

"Beberapa orang memimpikan kesuksesan, sementara yang lain bangun setiap pagi untuk mewujudkannya."

"Kebahagiaan sama dengan kenyataan dikurangi ekspektasi."

"Kita tidak perlu menjadi luar biasa untuk memulai, tapi kita harus memulai untuk menjadi luar biasa."

            Kini aku mengerti, bahwa kesuksesan adalah hasil dari kesempurnaan, kerja keras, belajar dari pengalaman, loyalitas, dan kegigihan. Untuk meraih sukses, sikap sama pentingnya dengan kemampuan. Sukses adalah sebuah perjalanan, bukan sebuah tujuan. Usaha sering lebih penting daripada hasilnya. Rahasia dari kesuksesan adalah bahwa kita tidak pernah menyerah. Kesuksesan dan kegagalan adalah sama-sama bagian dalam hidup. Keduanya hanyalah sementara. Tidak ada kesuksesan tanpa kesulitan.

Tiga hal yang paling penting mengenai kebahagiaan dalam hidup, yakni sesuatu yang kita kerjakan, sesuatu yang kita cintai, dan sesuatu yang kita harapkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Awesome....luar biasa memotivasi... serasa dapat suntikan adrenalin setelah baca..salam literasi pak Bagus...

25 Sep
Balas

Terima kasih Bu Agustin..

25 Sep

Luar biasa motivasinya pak guru. Salam literasi dan sehat selalu.

26 Sep
Balas

Benar sekali kita mulai dari yang biasa untuk menjadi luar biasa. Salam literasi

04 Oct
Balas

Sangat menginspirasi

29 Sep
Balas

Keren sekali... Sangat terkesan dengan ceritanya.salam literasi dari Banten

25 Sep
Balas

Terimakasih banyak Bu Yenti...

25 Sep

Sangat menginspirasi sekali...sukses selalu pak Bagus

26 Sep
Balas

terima kasih Bu Euis

20 Nov

Super sekali

28 Sep
Balas

Terima kasih Bu Amalia

20 Nov



search

New Post