Bahar Sungkawa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Si Pendekar PENA Part 2 (Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke 289)
Ilustrasi Gambar diunduh dari Google Image

Guru Si Pendekar PENA Part 2 (Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke 289)

Assalamualaikum wr wb. Sahabat Gurusiana yang berbahagia, dalam lanjutan tulisanku ini akan membahas berbagai kemampuan jurus menulis Guru si Pendekar PENA yang perlu menjadi inspirasi dan perbendaharaan literasi bagi guru dalam menulis. Pada part 1 dalam Guru Si Pendekar PENA aku telah menjelaskan konsep dan pernik-pernik menulis Artikel. Pada Guru Si Pendekar PENA edisi tulisan hari ke 289, aku akan menjelaskan konsep dan pernik-pernik dua tulisan, yakni tulisan dengan jenis Esai dan Feature. Namun untuk edisi 289 ini hanya menjelaskan tentang Feature saja. Sebagai sumber tulisan ini adalah buku berjudul Be A Briliant Writer karya Afifah Afra yang diterbitkan GiZone Books Surakarta 2011.

Menulis Esai dan Freature tentunya jelas membedakan atas keduanya. Esai adalah tulisan yang bergerak antara Ilmu dan Imajinasi. Bagaimana tulisan esai itu dipengaruhi pendapat dan pola pikir si penulisnya dibandingkan mendalami bahasan tulisan dengan pendapat-pendapat para ahli dan orang pakar. Esai bergerak dinamis antara Karya Ilmiah Populer dengan karya sastra. Oleh karena itu Herfanda berkata jika esai itu berbau sastra maka keindahan tulisan sering menjadi daya tarik esai sastra itu sendiri. Bagaimana dengan Feature itu?. pengertian dari feature adalah berita kisah atau sering disebut dengan berita khas. Tulisan Feature dibangun sepenuhnya dibangun oleh fakta alias fakta yang dikisahkan sehingga memang bersikap faktual.

2. Feature

Tulisan atau karangan kreatif yang dirancang guna memberikan informasi sambil menghibur tentang suatu kejadian, situasi, atau aspek kehidupan seseorang. Bagaimana ciri-ciri tulisan feature yang baik dan benar?, berikut penjelasannya :

2.1. bentuknya sebuah artikel atau karangan

2.2. gaya pengutaraannya ringan sedemikian rupa sehingga laporannya mengendap dalam imajinasi pembaca

2.3. isinya umumnya tentang gaya hidup atau daya pikat manusiawi

2.4. kental dengan subyektivitas penulisnya berupa hasil pemahaman atau tafsiran dari tema karangannya

2.5. karangan yang penuh dengan kreativitas penulisnya

2.6. bahan karangan dari peristiwa, situasi, aspek kehidupan.

2.7. karangan berisi pemberitahuan dan hiburan.

Jika anda menginginkan tulisan feature yang baik, Afifah Afra memberikan beberapa tips sebagai berikut :

a. Kuatkan sisi kemanusiaan dari sebuah peristiwa.

b. Feature adalah berita yang dikisahkan karenanya aspek Narasi menjadi suatu yang dipakai disini.

c. Gunakan diksi dalam menggambarkan peristiwa tersebut sehingga aspek human interestnya bisa tergarap dengan baik.

Yuk latihan membuat feature :

Jenisnya adalah feature Human Interest

1. Tentukan sebuah peristiwa yang tengah terjadi, sebaiknya yang berdampak signifikan pada human interest yang menarik.

2. kumpulkan data-data dan fakta yang dibutuhkan dengan terjun langsung ke lapangan.

3. Lakukan wawancara yang mendalam dengan narasumber yang anda anggap memiliki nilai human interest yang paling pas untuk anda angkat dalam tulisan anda.

4. Carilah lead yang menarik

5. Susunlah menjadi sebuah feature

(Bersambung)

Sukabumi 25 Februari 2021

Bahar Sungkowo SPd MPd

SMP Internat AlKausar Kabupaten Sukabumi Jawa-Barat

IPS Kewirausahaan, Modul Pendekar SAKTI dan Model ASAH PENA dalam menulis

WA 087820994093

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi, salam kenal Pak

25 Feb
Balas

sangat inspiratif pak.salam literasi

25 Feb
Balas



search

New Post