Bahar Sungkawa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Implementasi Ayat 3 AlFatihah  Positive Thinking To Alloh SWT (Tangulis Gurusiana H 315)
ilustrasi Gambar diunudh dari Google Image

Implementasi Ayat 3 AlFatihah Positive Thinking To Alloh SWT (Tangulis Gurusiana H 315)

Makna Ar-Rahman dan Ar Rahim dalam ayat ke 3 surat Al-Fatihah menandakan bahwa Alloh SWT amat sayang kepada HambaNya, dan sangat-sangat sayang dan pengasih kepada kaum Mu'min yang Muttaqin. Maka sifat Rahman dan Rahim Alloh SWT selalu terdepan dan sangat dikenal oleh hambaNya. Kita jarang yang menyadari bahwa Alloh selalu mendahulukan sifat kasih sayangNya dalam memilih, menetapkan dan memprioritaskan semua perkara. Maka untuk menyadari kehadiran Alloh dengan sifat Ar-Rahman dan Ar-RahimNya, yuk kita kenali makna Pengasih yang sifat ini berlaku untuk semua manusia tanpa kecuali. Maka makna Ar-Rahman bermakna 7 perkara :

1. Kelembutan (riqqah), empati (ta'athtul), memberi maaf (maghfirah) dan penyayang (hanan).

2. Rahmat berarti Rezeki

3. Rahmat berarti Kenabian

4. Rahmat berarti tanah yang subur

5. Rahmat berarti Al-Qur'an

6. Rahmat berarti hujan

7. Rahmat berarti Surga

Dengan ketujuh makna rahmat Alloh maka hendaknya kita memfungsikan pikiran kita Husnudzan kepada Alloh SWT. Mengapa?. bacalah Firman-Nya dalam Al-Qur'an surat Al-An'am :12 yang maknanya " Katakanlah ,"kepunyaan siapakan yang ada d ilangit dan di bumi?. " Katakanlah : "kepunyaan Alloh." Dia telah menetapkan atas Dirinya Kasih Sayang."

Dalam hadits Qudsi dijelaskan :" Sesungguhnya rahmat-Ku selalu mengalahkan kemurkaan-Ku."

Bagaimana kita berpikir, demikian Alloh SWT memperlakukan kita, maka berpikir positiflah

Jiwa manusia terkadang sangat lemah dan rapuh serapuh sarang laba-laba. betapa rapuh dan lemahnya tidak akan mampu menghadapi ujian dan cobaan yang datang kepada dirinya. Baru saja berkomunikasi dengan keluarga, senang, gembira, riang dan tertawa tiba tiba Alloh menghancurkan keinginan bertemu manakala sejurus kemudian terdengar kabar, orang-orang yang dikasihi meninggal dunia akibat kecelakaan tragis kendaraan yang ditumpanginya. Hati yang ditinggalkan seakan hancur dan berantakan berkeping-keping. Tidak ada lagi kebahagiaan dan tawa riang orang-orang yang dicintai pergi tuk selama-lamanya.

Maka disini jiwa manusia diuji apakah ikhlas dan sabar ataukah justru berburuk sangka kepada Alloh SWT. Sebagaimana FirmanNya :

" Adapun manusia abalila Rabbnya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata : " Rabbku telah memuliakanku. Adapun bila Rabbnya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia bekata :" Rabbku menghinaku." (Qs Al Fajr : 15-16). Berpikir negatif " Rabbku menghinaku" akan membuat Alloh memberlakukan orang tersebut sesuai dengan pikiran negatifnya. Karakternya akan membelenggu jiwanya yang selalu gelisah, stress dan tertekan. Wallahu alam.

Lalu bagaimana terapi psikis agar jiwa ini selalu berpikir positif kepada Alloh SWT dengan lendahulukan Ar-Rahman dan Ar-Rahimnya Alloh SWT? sedikitnya ada

1. Latih diri selalu membaca kasih sayang Alloh di sekitar kita.

  a. Kita dan makanan

  b. Kita dan Awan yang bergerak

  c. Hamba yang tidak tahu diri

2. Tata jiwa menghadapi kehilangan seseorang sesuatu yang dicintai

  a.Usahakan tenang di menit-menit awal musibah, pahala dan barokah menanti anda.

  b. Ucapkanlah Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun

  c. Bandingkan nikmat yang hilang dengan nikmat yang ada

  d. Biarkan air mata kasih berlinang

  e. Jangan larut dalam kesedihan

  f. Jangan ngomel dan mengeluh

3. Tanamkan keyakinan bahwa dalam kesulitan ada kemudahan

4. Hilangkan penyakit-penyakit mental yang menghambat kemajuan

5. Baca kelebihan yang kita miliki... Bila perlu, Libatkan orang lain, Lalu, mintalah bantuan Alloh SWT

6. Jangan ragu-ragu Bertakwalah kepada Alloh.

Sumber referensi : The 7 Islamic Daily Habits, Hidup Islami dan Modern berbasis Al-Fatihah karangan Dr H. Harjani Hefni. MA. Jakarta IKADI

Sukabumi 23 Maret 2021

Bahar Sungkowo SPd MPd

SMP Internat AlKausar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

IPS Kewirausahaan, Modul pendekar SAKTI dan Metode ASAH PENA

WA 087820994093

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post