Bahar Sungkawa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Memahami Iman Kepada Qadha dan Qadar Alloh SWT,part 1 (Tangulis Gurusiana Hari ke 308)
Ilustrasi Gambar di Unduh dari Google Image

Memahami Iman Kepada Qadha dan Qadar Alloh SWT,part 1 (Tangulis Gurusiana Hari ke 308)

Assalamualaikum wr wb. Bagaimana kabarnya teman?. Aku yakin atas lindungan Nya , teman-teman berada dalam kondisi baik dan sehat selalu. Alloh SWT menetapkan kepada seluruh manusia Qadha dan QadarNya. Maka manusia harus beriman kepada qadha dan qadarNya. Qadha dan qadar dalam pembicaraan sering disebut dengan takdir. Rukun iman yang terakhir ini kalau tidak orang-orang berhati-hati,tidak didasari dengan ilmu yang benar dapat mengakibatkan seseorang tergelincir kedalam aqidah dan cara hidup yang fatal. Kekeliruan umum orang terhadap qadha dan qadar atau pada takdir adalah :" segala nasib baik dan buruk seseorang, atau muslim/kafirnya manusia, telah ditetapkan secara pasti oleh Alloh. Manusia adalah ibarat Robot Alloh. Maka segala kenyataan hidup haruslah diterima apa adanya dengan sabar."

Sejatinya dalam memahami qadha dan qadar, setiap muslim harus melakukan studi Al-qur'an. Pengertian qadha dan qadar dalam Alqur'an sesuai Firman Alloh yang diwahyukan dalam Al-Qur'an sebagai berikut :

A. Pengertian Qadha

(1). Hukum ; Sebab itu hakim dalam Islam dinamakan dengan Qadhi. Sebagaimana dijelaskan dalam AlQur'an Surat An-Nisaa ayat 65.yang artinya :

" Demi Rabbmu (Muhammad) bahwa mereka tidak dianggap beriman sehingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam dirinya sesuatu keberatan terhadap sesuatu hukum (qadha) yang engkau berikan. Dan mereka menerima dengan sepenuhnya."

(2) Perintah, sebagaimana FirmanNYa :" Dan Rabbmu memerintahkan (qadha) janganlah kamu menyembah kecuali kepada-Nya saja."

(3). Memberitakan

"Dan kami telah memberitakan kepada Bani Israil dalam Al Kitab "sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di buka bumi ini dua kali."

(4) Menghendaki. Sebagaimana dijelaskan dalam FirmanNya Surat Ali Imran ayat 47: "Apabila Alloh menjadikan sesuatu urusan, maka Dia cukup mengatakan "Jadilah maka jadilah Ia."

(5) Menjadikan. Arti ini dipakai dalam ayat :" Dan Alloh menjadikan tujuh lapis langit dalam dua periode." (Qs Al Fussilat ayat 12).

B. Pengertian Qadar

Qadar adalah suatu peraturan umum yang telah diciptakan Alloh untuk menjadi dasar alam ini, dimana terdapat hubungan sebab akibat. telah menjadi sunnatullah yang abadi dimana manusia juga terikat dengan sunnatulloh itu.

Mengapa setelah kita mengetahui makna atau pengertian kepada takdir kita harus mengimaninya?. Jadi manfaat iman kepada takdir adalah akan membawa ketakwaan. Bahwa keberhasilan dan kegagalan dapat dianggap sebagai ujian dari Alloh SWT. Ujian akan menilai kualitas iman seseorang dan untuk mempertinggi takwa, sebagai modal hidup seorang muslim. Sebagaimana Alloh SWT berfirman :

" apakah manusia itu mengira bahwa mereka akan dibiarkan (saja) mengatakan :"Kami telah beriman" sedang mereka tidak diuji lagi?"

Lalu bagaimanakan konsekwensi takdir dalam kehidupan manusia?. Akan saya jelaskan pada tulisan saya mendatang.

(Bersambung).

Wallahu alam bis showab

Bahar Sungkowo SPd MPd

SMP Internat AlKausar Parungkuda Kabupaten Sukabumi

IPS Kewirausahaan, Dosen tamu Pendidikan Karakter dengan modul pendekar Sakti. Pencipta metode menulis ASAH PENA

WA 087820994093

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post