Bahar Sungkawa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menerapkan JAMES WATTS dalam pembelajaran Sejarah dimasa Pandemi. (1) (TMG Hari ke 321)
Ilustrasi Gambar diunduh dari Google Image

Menerapkan JAMES WATTS dalam pembelajaran Sejarah dimasa Pandemi. (1) (TMG Hari ke 321)

Assalamualaikum Warahmatullohi Wa Barakatuhu. Sahabat Guru se Indonesia, apa kabarnya dimalam ini. Semoga berada dalam kebahagiaan dan kesehatan selalu. Aamiin Ya Rabbal Alamin. Kembali bertemu dengan saya, Kreator Pembelajaran Indonesia (Krepindo). Mengapa di malam ini saya memproklamirkan krepindo?. Niatnya tidak lain adalah menentukan pastword penyemangat terus berkreasi untuk menginspirasi guru-guru se Indonesia.  Insha Allah.

Sebagai guru Krepindo, saya sangat senang jika saya menuliskan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran yang saya ampu yakni IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial. Sudah banyak produk-produk kreativitas dan inovasi pembelajaran yang saya ciptakan dan dikumpulkan dalam sebuah buku saya yang berjudul " Tips dan Trik Juara Menulis Ilmiah menggunakan 5T dan metode Asah Pena. "Siapa nih yang punya bukuku ini. Semoga menginspirasi yaa.

By The Way, dalam tulisan saya ini, saya akan mereportasekan suatu strategi dari JAMES WATTS dalam belajar sejarah di kelas VII semester genap 2020-2021. JAMES bermakna Jangan Melupakan Sejarah. dapat juga james itu adalah Joepardy games. Sedangkan Watts adalah Sway dan TTS atau Teka Teki Silang.  Jadi strategi James Watts ini digunakan dalam tiga pertemuan yakni pertemuan pertama dengan James , pertemuan kedua dan ketiga dengan Watts. Nah ketiga pertenuan ini dalam menerapkan strategi James Watts akan saya tuliskan dalam dua tulisan. Selamat menyimak tulisan saya ini.

1. Belajar Sejarah dengan Strategi James

Pada hari ini, Senin dam Selasa besok, saya mengajar Sejarah kelas VII-1 dan VII-2  pada materi perubahan Sosial Budaya di masa Klasik pada kuurun Sejarah Indonesia. Dua hari ini saya akan mengajar sejarah dengan James. Namun tentunya saya menerapkan langkah-langkah pembelajaran dengan konsep APIKO (Apersepsi, Pelajari, Implementasi, Komentari). Dengan APIKO saya jelaskan belajar sejarah dengan James atau Joepardy Games sebagai berikut :

1.a. Apersepsi James : dengan mengawali dengan apersepsi dari guru tentang makna kebudayaan bangsa Arya di lembah sungai Indus sebagai sumber dari agama Hindu. Buru menjelaskan dengan PPT Kebudayaan Lembah Sungai Indus. Guru menjelaskan pula Indonesia sebagai gerbang budaya dari luar. Setelah guru menjelaskan dengan apersepsi selama 20 menit maka guru menjelaskan laingkah berikutnya yakni : Pelajari

1.b. Pelajari : Guru mengirmikan Video pembelajaran dan PPT untuk dipelajari secara mendalam dengan asinkron. Maka guru menginstruksikan belajar mandiri di Google Classroom. Instruksi pelajari PPT dan Video pembelajaran selama 15. menit.

1.c. Implementasi : Implementasi dengan mendalami materi dengan mengimplementasi PPT Joepardy Gmes sebagai bahan untuk berkomentar. Guru mengirimkan PPT Joepardy Games secara satu persatu, lalu memilih satu slide untuk menyiapkan komentarnya.

1.d. Komentari : Setelah berkomentar. peserta didik atau siswa mengirimkan Voice Note komentar mereka ke nomor WA guru untuk dinilai kualitas kemerdekaannya. Setelah guru menerima Voice Note dari siswa, guru menilai kualitas komentarnya. Karena baru satu kelas dan besok  hari selasa tanggal 30 Maret 2021 akan dilanjutkan lagi Jamesnya maka pelaporan hasil belum bisa dilaporkan lengkap. Tapi di part 2 nanti akan dipaparkan.

Demikian penjelasa dari James atau Joepardy Games dalam pembelajaran IPS kajian Sejarah dengan strategi JAMES WATTS. Semoga strategi ini menginspirasi rekan-rekan guru semua. Aamiin

(Bersambung)

 

Sukabumi 29 Maret 2021

Bahar Sungkowo SPd MPd

SMP Internat AlKausar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

IPS Kewirausahaan  Modul Pendekar Sakti dan Metode Menulis ASAH PENA

WA 087820994093

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Pak Bahar Sungkowo, salam sehat dan sukses selalu, Barokallah

29 Mar
Balas



search

New Post