Bahar Sungkawa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Strategi KOPI NOVOKI , enak loh untuk PJJ (Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke 318)
Ilustrasi Gambar diunduh dari Dokumentasi pribadi

Strategi KOPI NOVOKI , enak loh untuk PJJ (Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke 318)

Assalamualaikum wr wb, apa kabar teman-teman?. Pernahkan anda merasakan bahwa pembelajaran jarak jauh ini kurang efketif dan monoton. Akupun saat-saat ini merasakan hal yang sama, dimana pembelajaran jarak jauh tidak efektif dan terkesan adanya penurunan disiplin dalam diri siswa. Kondisi ini harus disikapi dengan mencari terobosan kreatif "bagaimana mengajar PJJ dengan perhatian penuh siswa dan antusias siswa terjaga selama pembelajaran jarak jauh berlangsung.

Aku berpikir keras bagaimana menyusun pembelajaran yang bermakna dan menyemangati siswa untuk meningkatkan prestasi belajar dimasa pandemi Covid 19. Otak kreatifku bekerja dan memikirkan kemungkinan-kemungkinan dan praktek-praktek sederhana tetapi mendatangkan hasil yang optimal. Maka setelah gagasan-gagasan itu mengendap dalam benakku muncullah kreativitas strategi KOPI NOVOKI. Nah untuk kesekian kalinya teman-teman penasaran kan dengan akronim-akronim aku?. baik KOPI NOVOKI itu adalah dua strategi menggunakan media online. Dengan media tersebut siswa diinstruksikan untuk mengomentari dan berpendapat baik menggunakan lisan maupun menggunakan tulisan. Tambah penasaran kan?. baiklah aku akan jelaskan NOVOKI dan KOPI tersebut :

1. NOVOKI

Novoki adalah nonton video dan komentari. Strategi novoki ini memadukan sinkron dan asinkron. Strategi novoki diberikan pada pembelajaran dengan materi kehidupan dan perubahan sosial di Indonesia pada masa klasik. Langkah - langkah pembelajaran tetap menggunakan model APEL DAUN yakni Apersepsi berkait dengan materi dan strategi yang ditetapkan guru, PEL adalah pelajari dengan mengamati video pembelajaran yang dibuat guru. D adalah dalami dimana peserta didik diminta merancang komentar secara lisan dan tulisan terhadap video yang diamati. Aktualisasikan : menyampaikan komentar dengan mengungkapkan hal-hal yang menarik, penting, dan berguna dari video yang ditonoton, AU (Aktual dan Ungkapkan) . Kemudian guru menilai komentar lisan atau tulisan siswa terhadap strategi belajar NOVOKI N (Nilai). Nilai yang diperoleh menjadi tabungan poin nilai DIRHAM atau Dengan IPS Raih Hasil Angka Maksimal.

Apa yang diperoleh dari strategi NOVOKI: Antusias siswa belajar 90%, Nilai yang diperoleh siswa dengan nilai tertinggi 100 sebesar 81%, Nilai perolehan 75-85 adalah 19%. Dalam sinkron, siswa mengikuti dengan antusias dari 40 peserta didik, yang mengikuti sinkron adalah 33 siswa, sedangkan 6 siswa tidak mengikuti sinkron dengan G-meet. Dari data-data ini, maka NOVOKI dirasakan efektif dan efisien dalam meningkatkan prestasi dan antusiasme peserta didik. Lalu bagaimana dengan KOPI?. Apalagi itu yaa?. Yuk ikuti repostasenya.

2. KOPI

Kopi adalah akronim dari komik online pendapat individu. Stategi kopi memadukan sinkron dan asinkron. Strategi kopi menerapkan langkah-langkah menggunakan metode Pedati pada KD : kebudayaan dan perubahan sosial kemasyarakatan masyarakat di Indonesia. Untuk strategi Kopi dengan langkah pedati sebagai berikut : Pe (Pelajari) yakni mengikuti paparan PPT guru tentang kebudayaan dan manusia. Da (Dalami) yakni dengan mendalami PPT yang dijelaskan guru dengan membaca komik yang berjudul mengenal kebudayaan dan cagar budaya di kota Jogyakarta. Komik ini adalah komik online yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yakni Direktorat Jendral sejarah dan kebudayaan. T (telaah) dengan memberikan pendepat dari komik online cagar budaya di Jogyakarta seperti : Kota Gede, Taman Sari, Kesultanan ngajogya Hadidiningrat, Candri Prambanan, Benteng Victoria, dan Masjid Kauman. Dalam telaah guru memanggil peserta didik untuk menyampaikan secara langsung dan harus menghidupkan kamera, memberi pendapat individu tentang cagar budaya di masa kini khususnya di masa pandemi Covid-19. Evaluasi (i) dimana akhir dari kegiatan ini adalah PH atau penilaian harian.

Adapun yang diperoleh dari strategi KOPI : Antusiasme siswa dalam belajar 93%, Nilai yang diperoleh siswa 100% diatas KKM, nilai tertinggi diperoh siswa yakni 100 dengan prosesntasi sebesar 85%, siswa yang mendapatkan 75-85 adalah 15%. Antusias mengikuti sinkron adalah 37 siswa dan yang tidak mengikuti sinkron adalah 3 siswa. Dari data-data diatas disimpulkan bahwa KOPI sangat efektif dan efisien dalam mengingkatkan antusiasme dan prestasi siswa/peserta didik.

Demikian dua strategi belajar jaraj jauh yang saya terapkan di kelas. Dengan pemahaman proyek DIRHAM yakni dengan IPS Raih Hasil Angka Maksimal, KOPI - NOVOKI sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan antusiasme dan prestasi belajar siswa/peserta didik. Itulah strategi dalam PJJ di masa Pandemi Covid-19, bagaimana dengan teman-teman?. Wallahu alam.

Sukabumi 26 Maret 2021

Bahar Sungkowo SPd MPd

SMP Internat AlKausar Kabupaten Sukabumi Jawa-Barat

IPS Kewirausahaan Modul Pendekar Sakti dan Metode ASAH PENA

WA 087820994093

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

26 Mar
Balas



search

New Post