Bahar Sungkawa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
tahukah anda perbedaan Akronim dan Singkatan? (Tangulis Gurusiana Hari ke 317)
Ilustrasi Gambar diunduh dari Google Image

tahukah anda perbedaan Akronim dan Singkatan? (Tangulis Gurusiana Hari ke 317)

Jika kita ditanya apa perbedaan akronim dan singkatan?. Bisa saja kita bingung menjawabnya. Pertanyaan ini sejenis dengan pertanyaan: Apa perbedaan antara pantun dan karmina?. Sejatinya setiap orang dapat membedakan antara akronim dan singkatan, namun kenyataannya banyak diantara kita yang salah kaprah menjelaskan bahwa semua kata yang disingkat adalah singkatan. Pahamkah kita bahwa karmina adalah pantun singkat dengan panjang hanya dua baris?. Wallahu alam.

Untuk menjelaskan makna di masing-masingnya, sehingga kita dapat membedakan pengertian akronim dengan singkatan, maka kita urutkan satu persatu pengertiannya.

A. Akronim

Akronim adalah singkatan berupa gabungan hurup awal, gabungan suku kata, ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata yang dituliskan dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Artinya ketika menyebutkan akronim, seseorang dapat melafalkannya seperti kata biasa. Contoh : API = Asosiasi Pelukis Indonesia, Kijang = Kerjasama Indonesia Jepang, Camar = Camat Margonda dll.

Lalu apa pengertian dari singkatan itu?. Nah sekarang pengertian dari singkatan adalah sebagai berikut :

B. Singkatan

Singkatan ialah satu kata atau lebih yang diperpendek beberapa huruf atau golongan huruf. Cobtoh dari singkatan adalah : STKIP = Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan, dll = dan lain-lain. RM = Rumah Makan, SPBU = Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. dan lain sebagainya.

Hal-hal yang wajib diperhatikan dalam menuliskan akronim dan singkatan.

1. Jika akronim yang dikenalkan maka singkatan di dahulukan. Tapi boleh sih situkar-tukarkan mau didepan atau dibelakang sesuai kepentingannya.

2. Akronim nama lembaga negara yang terdiri dari gabungan huruf pertama dari kata ditulis dengan huruf kapital menyeluruh. Akronim yang bukan lembaga pemerintah tidak perlu semuanya huruf pertama di kapitakan, seperti : Akabri, amdal, ampera, kesharlindungdikdas dan lain-lainnya.

3. Singkatan nama orang, nama gelar, diikuti dengan tanda titik. seperti : B. Sungkowo, M. Rohimah, Ir. Soekarno dal lain-lainnya.

Demikian beberapa penjelasan dari perbedaan akronim dan singkatan yang disadur dari sumber tulisan yakni : 200+ Solusi editing Naskah dan Penerbitan Karangan Bambang Trim penerbit Bumi Aksara 2019.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat dalam pemahaman kita terhadap tulisan dan kepenulisan. Terima kasih.

Sukabumi 25 Maret 2021

Bahar Sungkowo SPd MPd

SMP Internat AlKausar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

IPS Kewirausahaan, Modul Pendekar SAKTI dan Metode ASAH PENA

WA 087820994093

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post