Baldwine Honest

Pengelola dan Pendidik PAUD Handayani 4 Balikpapan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Arti Cantik
Cantik

Arti Cantik

Cantik itu sesuatu yang relatif, yang terpancar dari dalam diri seseorang. Cantik itu adalah sesuatu yang menyeluruh, termasuk perilaku, pendapat, cara berpikir, kepribadian, dan cara membawa diri. Demikian pengertian cantik yang harus kita tanamkan ke anak-anak kita.

Cantik itu bukan berarti harus berambut lurus, berkulit putih, dan bertubuh tinggi langsing seperti yang biasa kita didapati di media Televisi maupun majalah-majalah. Arti cantik menjadi sangat komoditif. Sedangkan media tersebut sangat mudah didapati dimana-mana, dan akhirnya mempengaruhi persepsi tentang nilai cantik dalam masyarakat, tanpa memperdulikan batasan usia dan nilai pendidikan.

Ada seorang anak yang selalu membasahi rambutnya yang agak bergelombang, agar terlihat lurus. Karena menurut anak tersebut, rambut yang lurus adalah cantik. Atau ada anak yang selalu berbedak tebal agar terlihat putih dan tidak mau terkena sinar matahari, dengan alasan agar cantik dan tidak hitam. Ada juga seorang anak yang tidak mau masuk sekolah, karena ada sedikit bekas cacar air di tubuhnya. Katanya, malu karena tidak cantik.

Yang agak merepotkan, adalah ada anak yang menolak untuk menambah porsi makannya dengan alasan, “Nanti aku jadi gemuk, bunda. Kalau gemuk nanti aku nggak cantik lagi…”. Wah , masa hanya karena ingin cantik malah tak mau makan?. Padahal masa anak-anak adalah masa pertumbuhan yang harus dipenuhi dengan gizi yang seimbang.

Sebaiknya, kita harus memberikan pengertian “cantik” secara positif kepada anak. Selalu bersyukur, bahwa Allah menciptakan manusia dengan kondisi yang terbaik. Kita hidup didaerah tropis yang berlimpah sinar matahari, dan Allah menganugerahkan kita kulit sawo matang bukanlah tanpa maksud. Kulit kita berwarna demikian justru karena mengandung pigmen, yang memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Allah menciptakan kondisi terbaik kepada kita. Kulit cantik bukanlah kulit yang putih, tetapi kulit yang cerah dan terawatt. Rambut dan Tubuh cantik adalah yang sehat, bersih dan terawat.

Cantik, terpancar dari hati yang bersih dan penuh syukur. Cantik adalah seseorang dengan kecerdasan, perilaku, perkataan, gaya bicara, dan rasa percaya diri yang baik. Cantik adalah sesuatu yang menyeluruh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pengaruh media memang luar biasa Bu Guru. Masak sampai sebegitunya anak anak menangkap makna cantik dan menganggap cantik fisik adalah sesuatu yang harus dimiliki dan dijaga apapun caranya, Sampai sampai mengorbankan hal hal yang "wajib". Namun demikian Ibu, cantik telah terdefinisi dan menjadi standar dalam seni. Menurut saya, kita tidak perlu menggeser makna cantik. Cantik tetap bisa dilihat secara objektif sehingga kita bisa menilai mana orang yang cantik dan mana yang tidak. Yang perlu ditekankan adalah bahwa cantik fisik bukan segala galanya. Nilai diri seseorang tidak bergantung pada faktor kecantikan fisiknnya. Tetapi sebagaimana telah ibu uraikan,Cantik, terpancar dari hati yang bersih dan penuh syukur.

28 Dec
Balas

Terima kasih pak Warnoto .... :)

28 Dec



search

New Post