GETARAN DENGAN BANDUL
GETARAN DENGAN BANDUL
#day_8
#tantangan_30_hari_menulis_gurusiana
Pembelajaran pagi ini terlambat beberapa menit, penyebabnya karena saya terpaksa mengajak siswa membawa alat-alat untuk topik yang akan diajarkan. Saya bersama siswa mengambil alat-alat di laboratorium untuk di bawa ke dalam kelas, hal ini terpaksa dilakukan karena ruangan laboratorium digunakan oleh kelas lain. Penggunaan laboratorium di Sekolah sudah terjadwal.
Topik geteran termasuk kedalam KD 3.11 “Menganalisa konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar”, dengan IPK 3.11.1. “menganalisa konsep getaran”. Topik mengenai getaran dan gelombang menjadi penting karena selain merupakan pengetahuan akademik, juga berguna dalam kehidupan sehari-hari.
Saat memasuki kelas hal pertama yang saya lakukan selalu memeriksa kebersihan kelas di jam I pagi hari. Setelah semua kondisi kelas kondusif, segera saya memulai proses membelajarkan siswa-siswa generasi z ini. Kami memulai dengan membaca doa bersama-sama.
Saya mengambil 1 pengaris dan meletakkannya di atas meja tepatnya di bagian ujung meja. Setelah itu saya menarik ujung penggaris kebawah, saya ulangi sampai 3 kali. Kemudian saya meminta siswa untuk membuat pertanyaan di kepala masing-masing. secara acak saya meminta beberapa peserta didik untuk mengutara pertanyaannya. Pertanyaan yang mengarahkan pada pembelajaran saya tuliskan di papan tulis.
Saya membagikan masing-masing kelompok dengan 1 rangkaian alat, dan masing-masing kelompok hanya membawa benang, batu dan plastik pembungkus. Siswa mulai merangkai alat percobaan sesuai dengan LKPD yang saya berikan. Beberapa kelompok mulai bersuara riuh karena berebutan merangkai alat percobaan, dan ada beberapa kelompok yang sangat kompak dengan berbagi tugas, seperti mengikat plastik pembungkus batu, merangkai alat, membaca LKPD dan membaca konsep getaran di buku yang mereka bawa.
Sebelum memulai percobaan, saya memulai aksi dengan meneriakkan “hallo” maka mereka bersama-sama akan meneriakkan “hai”. Saya memberikan kesempatan kepada mereka bertanya, dari kelompok paling pojok segera ada satu tangan diacungkan keatas sambil bertanya “pak maksud 1 getaran apa?”. Maka saya menjelaskan konsep getaran pada mereka, saya ingatkan kembali mengenai getaran yang terjadi pada penggaris. Setelah tidak ada pertanyaan, maka sepertinya mereka sudah siap untuk melakukan percobaan.
LKPD 14 “Getaran Bandul”
Tujuan : setelah melakukan percobaan, siswa dapat memahami konsep getaran, frekuensi, periode dan hubungan anatar frekuensi dan periode.
Alat dan Bahan
1) Statif
2) Bandul (batu yang dimasukkan ke dalam plastik)
3) Stopwatch
4) Tali nilon panjang 25 cm, 35 cm dan 45 cm.
Langkah Kerja
1) Masukkan batu ke dalam plastik dan ikat dengan salah satu ujung tali nilon dengan panjang 25 cm.
2) Tarik bandul untuk menguji bahwa bandul dapat bergerak tanpa bergeses.
3) Tarik bandul ke samping dengan simpangan 20 cm kemudian lepaskan (sambil melepaskan bandul hidupkan stopwatc).
4) Catatlah waktu yang diperlukan bandul untuk bergetar sebanyak 10 kali.
5) Hitunglah waktu yang dibutuhkan untuk satu kali bergetar
6) Hitunglah jumlah getaran yang terjadi dalam waktu 1 sekon.
7) Ubah ukuran tali dengan panjang 35 dan 45 cm
8) Ulangi langkah 2 – 6.
Diskusi
1) Berapakah waktu yang dibutuhkan untuk 1 getaran pada;
Panjang tali 25 cm = ...
Panjang tali 35 cm = ...
Panjang tali 45 cm = ...
2) Apa yang dimaksud dengan waktu yang dibutuhkan untuk 1 kali getaran?
3) Jumlah getaran yang terjadi dalam 1 sekon pada ;
Panjang tali 25 cm = ...
Panjang tali 35 cm = ...
Panjang tali 45 cm = ...
4) Apa yang dimaksud dengan jumlah getaran dalam 1 sekon?
5) Tuliskan hubugan antara periode dan frekuensi!
kesimpulan
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Setelah semua kelompok menyelesaikan percobaannya, segera saya pandu diskusi kelompok dengan meminta salah satu kelompok utnuk membacakan hasil pekerjaannya, kelompok lain mendengarkan dan membandingkan dengan apa yang mereka kerjakan. Sesi selanjutnya maka saya memberikan kesempatan pada kelompok yang hasil kerjanya berbeda untuk menanggapi.
Saya memberikan penguatan konsep mengenai getaran, periode dan frekuensi. Kegiatan penguatan konsep ini menandakan pembelajaran sudah sampai pada sesi akhir, waktu menunjukkan tersisa 20 menit sebelum pergantian jam. Saya memberikan tugas kepada siswa secara berkelompok untuk membawa alat materi selanjutnya yaitu “gelombang”. Pembelajaran dengan aktifitas penyelidikan seperti yang dilakukan memang lebih menarik bagi siswa dibandingkan hanya mendengarkan guru menggunakan ceramah.

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Masya Allah TabarakallahSemakin hari tulisannya semakin renyahEnak dibacaGood job!