Bambang Anwar

Seorang Guru IPA di SMP Negeri 11 Kota Jambi, kelahiran Kerinci 28 Juli 1986, menyelesaikan pendidikan Magister Pendidikan di Universitas Negeri Malang UM, ayah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Nutrisi Syarat Kehidupan

Nutrisi Syarat Kehidupan

#Day_105

#Tantangan_365_hari_menulis_gurusiana

Tumbuhan sebagai mahkluk hidup membutuhkan nutrisi sebagai syarat hidup selain sinar matahari, air dan karbondioksida. Jika tumbuhan yang hidup dengan media tanamnya tanah maka nutrisi diambil dari unsur hara yang di serap oleh akar. Nutrisi tersebut akan di bawa ke daun melalui batang yang terdapat pembuluh angkut berupa xylem.

Tumbuhan yang di tanam dengan media selain tanah seperti air maka dibutuhkan cara lain untuk memperoleh nutrisi. Hal ini seperti tumbuhan yang di kembangbiakkan secara hidroponik. Tumbuhan tersebut memperoleh nutrisi yang ditambahkan ke dalam air.

Tumbuhan yang telah berada di dalam netpot dengan media rockwool, menyerap nutrisi yang ada di dalam air. Nutrisi yang digunakan adalah AB Mix. Pemberian AB mix yang di campurkan ke air dengan takaran yang sesuai. Hal ini di lakukan agar tidak merusak tanaman.

Nutrisi AB mix mengandung NO3- 24,47%, NH4+, P 4,89%, K 40,61%, Mg 3,22%, Ca 19,05%, S 6,31% , FE 0,19%, Zn 0,04%, B 0,04%, Mn 0,06%, Cu 0,1% dan Mo 0,1%. Nutrisi AB Mix yang masing masing Nutrisi A dan B seberat 1,24 Kg di larutkan menjadi 5 liter air dengan dicampurkan dengan air dengan pH 6-7.

Larutan yang telah jadi nanti untuk di gunakan di campurkan 5 ml larutan nutrisi AB mix dengan 1 liter Air, begitupun untuk selanjutnya menggunakan perbandingan tersebut untuk penggunaan pada modul hidroponik.

Nutrisi yang di berikan pada setiap tumbuhan sayuran tidak sama. Ukuran tersebut di peroleh dengan menggunakan alat ukur TDS meter. Sehingga bisa akurat memberikan nutrisi pada setiap tumbuhan/sayuran. Sayuran Pakcoy 1300 ppm, salad 1000 ppm, kaylan 1400 ppm, kankung 1300 ppm, Bayam 1200ppm, Seledri 1400. Ketetapan ini dintentukan agarendapatoan hasil sayur yang sesuai dengan yang diharapkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post