Bambang Kriswahyudi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
LATIHAN MEMBUAT JUDUL PTK
Publikasi PTK di MGMP Fisika Kab. Lebak Prov. Banten

LATIHAN MEMBUAT JUDUL PTK

Pada tgl 18 s/d 20 Juli 2019 PGRI Cabang Cibeber mengadakan Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hidayatullah, M.Pd sebagai narasumber memberikan kiat-kiat terkait PTK. Diantaranya cara membuat judul PTK. Permasalahan peserta didik yang terjadi di kelas harus dijadikan tolak ukur, misal Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) suatu kelas belum dipenuhi. Permasalahan tersebut harus tertuang pada Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) ketika pendidik melakukan kegiatan Pembelajaran. Setelah memilih kompetensi peserta didik yang mana akan ditingkatkan, pendidik diwajibkan mengkaji kecocokan materi dengan tindakan yang akan dilaksanakan. Tindakan pendidik dapat memilih model atau media pembelajaran. Dapat disimpulkan pendidik selain mampu merancang penelitian pendidik perlu mengkaji model/metode/media/teknik/strategi pembelajaran.

Langkah minimal yang dilakukan:

1. memilih KD, contoh KD: Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium

2. membuat masalah, contoh Peserta didik sulit Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium

3. menentukan kompetensi siswa yang akan ditingkatkan, diawali dua kata meningkatkan kemampuan + KD yang dipilih. Contoh: “meningkatkan kemampuan menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium”

4. Tindakan yang akan dilakukan: Menggunakan model pembelajaran Jigsaw

5. Menentukan subjek tindakan: Peserta didik kelas X SMAN……

6. Dari langkah di atas dibuatlah judul dengan menggabungkan kalimat dari langkah 3, 4, dan 5 sebagai berikut:

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJELASKAN HAKIKAT ILMU FISIKA DAN PERANNYA DALAM KEHIDUPAN, METODE ILMIAH, DAN KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN…… TAHUN PELAJARAN……..

Latihan 1 (SD kelas IV)

1. Memilih KD :Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energy, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari

2. Membuat masalah, contoh Peserta didik sulit mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energy, dan sumber energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari

3. menentukan kompetensi siswa yang akan ditingkatkan, diawali dua kata meningkatkan kemampuan + KD yang dipilih. Contoh: “meningkatkan kemampuan mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energy, dan sumber energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari”

4. Tindakan yang akan dilakukan: Menggunakan model pembelajaran Jigsaw

5. Menentukan subjek tindakan: Peserta didik kelas VI SD……

6. Dari langkah di atas dibuatlah judul dengan menggabungkan kalimat dari langkah 3, 4, dan 5 sebagai berikut:

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI SUMBER ENERGI, PERUBAHAN BENTUK ENERGY, DAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD………… TAHUN PELAJARAN……..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus. Terima kasih atas tulisan.Bapak Barokalloh.Aamiin

04 Nov
Balas

alhamdulillah

07 Nov

Bagus. Terima kasih atas tulisan.Bapak Barokalloh.Aamiin

04 Nov
Balas

terima kasih atas pencerahan dalam membuat judl PTK. sangat berharga untuk pengembangan karir

07 Aug
Balas

alhamdulillah, sukses untuk Pak Mohamad Ridwan

08 Aug



search

New Post