Bani Chajar

Guru fisika SMA 2 Semarang. Memiliki minat menulis dan hobi badminton. Sesekali suka travelling....

Selengkapnya
Navigasi Web

Bedah Naskah Awal Tulisan

Hari kedua pelatihan menulis buku 19 maret 2017 di SMKN 1 Semarang

Sesi awal di buka oleh CEO 'Gurusiana' Muhammad Ihsan dengan motivasi penulisan buku bagi kalangan guru. Penyampaiannya ditampilkan melalui beberapa video dan slide kutipan kata-kata bijak dari tokoh-tokoh dunia terkait motivasi dan kemauan (tekad) kuat untuk beranjak dari zona nyaman masing-masing pribadi. Ini dilakukan untuk melecut peserta agar mampu menghasilkan karya berbentuk tulisan.

Setelah rehat sejenak pada pukul 09.30 wib dengan coffeebreak bagi peserta dan panitia, sesi dilanjutkan bedah naskah oleh narasumber Eko Prasetyo, editor Gurusiana. Naskah berasal dari peserta yang telah menyusun secara kilat (baca : semalam) setelah sehari sebelumnya para peserta mendapatkan materi outline dan paragraf primer sebagai cetak biru penyusunan sebuah naskah tulisan.

Berbagai naskah awal dibedah dengan cermat, logis, sistematis, dan terperinci dari segi efisiensi pemakaian kata dalam kalimat, pemilihan kata, penggunaan istilah, dan ejaan yang benar sesuai EYD. Narasumber mengupas 'dosa' penulis pemula yang rata-rata berlebihan dalam mengekspresikan diri dalam tulisan, penggunaan kata yang kurang tepat, dan alur hubungan antar paragraf yang terkadang tidak nyambung. Gaya bahasa yang lugas dan familier dalam membedah tiap naskah membuat peserta tidak merasa tersakiti maupun tersudutkan, namun mereka jadi tahu yang salah dalam naskah tulisan masing-masing. Pemaparan dan diskusi berlangsung santai namun mencapai tujuan. Bedah Naskah ini menjadi ajang menarik untuk menganalisis dan mengevaluasi cikal bakal tulisan yang akan diterbitkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

tulisannya renyah dan crispy bangeeet

19 Mar
Balas

Hehehe....masih harus banyak belajar Pak

19 Mar

Mantab Pak. Jadi banyak belajar tentang tata bahasa nggih.

19 Mar
Balas

Betul sekali

19 Mar



search

New Post