BANU ATMOKO , S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
 Belajar Sambil Berkreasi Di JATIM PARK 1 BATU
“ Belajar Sambil Berkreasi Di JATIM PARK 1 BATU

Belajar Sambil Berkreasi Di JATIM PARK 1 BATU

“ Belajar Sambil Berkreasi

Di JATIM PARK 1 BATU

HARI KE – 320

Beruntunglah kita terlahir sebagai manusia yang dianugerahi akal pikiran oleh Sang Pencipta. Dengan akalnya, manusia dapat menciptakan suatu ide atau gagasan serta dapat membedakan mana hal yang baik dan buruk. Dengan begitu, manusia akan bertindak dan melakukan yang tebaik untuk dirinya. Alat yang digunakan untuk menciptakan suatu ide adalah otak. Otak adalah organ tubuh yang vital, karena otak dapat mengendalikan sistem saraf pusat. Otak memiliki tiga tingkatan, yaitu otak reptil, limbik dan neokorteks dimana ketiganya memiliki fungsi yang berbeda. Disebut otak reptil karena otak ini juga dimiliki oleh bangsa reptil seperti buaya dan kadal. Otak reptil befungsi sebagai pengontrol pernafasan, denyut jantung, dan reaksi insting. Tingkatan otak yang kedua adalah otak limbik sebagai pembungkus otak reptil yang berfungsi menyeimbangkan hormon, mengendalikan emosi, rasa lapar, haus, dorongan seksual, serta bagian-bagian penting dari ingatan jangka panjang merupakan funsi otak ini. Neokorteks atau otak berpikir berfungsi mengendalikan semua hal yang berkaitan dengan kemampuan dan kecerdasan manusia, sehingga dalam bertindak tak hanya mementingkan nafsu dan egonya. Otak inilah yang membuat manusia dapat berpikir secara optimal dan selalu menggunakan akal sehatnya dan bertindak secara terkendali. Otak mempunyai kaitan dengan keberbakatan. Setiap orang adalah individu yang unik. Setiap orang juga bertanggung jawab atas dirinya sendiri untuk menemukan misi hidupnya masing-masing. Agar bisa berkontribusi maksimal, tentunya akan sangat baik jika kita bekerja di bidang yang paling sesuai dengan bakat kita. Ibaratnya kita bisa menjadi ikan di dalam air, menjadi sapi di darat, dan dapat menjadi burung di udara. Mengenali bakat bukanlah perkara yang gampang harus ada minat serta motivasi untuk memunculkannya. Tanpa adanya dorongan dari dalam diri , tidak mungkin seseorang tergerak untuk mencoba sesuatu. Motivasi juga sangat berpengaruh ketika seseorang itu mengalami hambatan dalam mewujudkan bakatnya agar tidak cepat putus asa. Untuk mengetahui keberbakatan para siswa, guru perlu menilik indikator keberbakatan yakni kemampuan umum di atas rata-rata, kreativitas yang tinggi, dan komitmen terhadap tugas yang sangat kuat. Siswa yang memiliki kemampuan umum di atas rata-rata lebih menonjol dibandingkan dengan siswa biasa. Kreativitas tinggi dapat ditunjukan oleh rasa keingintahuan yang menggebu-nggebu, memecahkan persoalan dengan cara sendiri, pandai mengemukakan pendapat. Sedangkan siswa yang berkomitmen kuat lebih dikaitkan dengan motivasi untuk berprestasi yaitu tangguh dan ulet dalam menyelesaika masalah dan sangat berambisi dengan hasil sempurna. Bakat yang kita miliki adalah sebuah pemberian dari Tuhan, dan kita harus menggunakan bakat itu sebaik mungkin. Tetapi tak jarang juga ada orang yang memiliki bakat atau kemampuan luar biasa dalam, tetapi sayangnya mereka memilih untuk tidak menekuninya dengan alasan malas. Malas memang penyakit yang paling susah dihilangkan. Sudah diberikan kemampuan, bukannya mengembangkanya tetapi malah menyia-nyiakannya begitu saja..Bakat memang dibawa oleh individu sejak lahir, namun kita juga harus berusaha mengembangkan bakat tersebut yaitu dengan latihan-latihan. Jadi kesimpulannya adalah bahwa bakat tidak akan muncul dan tidak akan berkembang tanpa ada usaha untuk memunculkan dan mengembangkannya. Lagipula, bekerja keras mengasah bakat kita juga bisa menjadi bentuk terima kasih kepada Tuhan, yang telah memberikan bakat ini pada kita. Ayo tunjukan bakatmu dan buktikan bahwa kamu bisa!!

Pada Hari Rabu 17/11/2022 Seluruh Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Mengunjungi Obyek Wisata Di JATIM PARK 1 Batu , Dimana Seluruh Siswa / Siswi baik SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya Masuk ke dalam Musium – MUSIUM Mulai dari BAJU Adat Rumah Adat , Senjata Sampai Ke MUSIUM Pemilu , Serta Ke WAHANA Wahana Bermain Yang Ada Di JATIM PARK 1 Tersebut Seluruh siswa / Siswi 1 Kelompok adalah 5 Anak yang Tiap Kelompok Mendokumentasikan kegiatan tersebut sambil mencatat Yang ada Di Tempat JATIM PARK 1 Tersebut

Selesai dari keliling Wahana tersebut Seluruh Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya berenang bermain Air , Mereka Asyik Bermain Air , Tidak hanya Siswa saja yang ikut bermain dalam Air tersebut Tapi Ibu MEI KURNIATUL ADAWIYAH ,S.Pd Tak Terasa sampai waktu menunjukan Pukul 16.00 Akhirnya Mereka Selesai Yang Bermain Main Air Tersebut

Selesai bermain Air Seluruh siswa , Bapak / Ibu Guru Dan Wali Murid SMP PGRI 6 Surabaya Maupun Wali Murid mendatangi RESTORAN Untuk Melakukan Makan Sore Bersama , Dalam Kesempatan Ini Seluruh Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya Bapak / Ibu Dewan Guru dan WALI Murid Makan Secara PRASMANAN Ambil Sendiri Menu SAYUR SOP , MIE Dan AYAM . Alhamdulilah Seluruh Siswa / Siswi Bapak / Ibu Guru dan Wali Murid sangat Antusias menikmati hidangan tersebut

Menurut Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Mengajak Siswa / Siswi WAKTUNYA TUNJUKKAN BAKATMU MENJADI GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER BUKAN MENJADI PECUNDANG

Tantangan Guru Siana

# dispendik Surabaya

#Guruhebat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren sekali giatnya

24 Nov
Balas



search

New Post