Basarul Mahmudi (Kampusdesa.or.id)

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Hidup Dari Sampah Plastik
#kisahPasir

Hidup Dari Sampah Plastik

Peran atau Role merupakan aspek dinamis dari status, sehingga individu akan dikatakan berperan apabila telah memenuhi tugas yang melekat pada status dirinya baik dalam keluarga, lingkungan sosial, maupun masyarakat.

Peran ganda perempuan didasarkan pada keharusan perempuan untuk menjalankan role (perannya) sebagai ibu rumah tangga dan peran perempuan dalam pemenuhan ekonomi atau membantu ekonomi keluarga. Kentalnya budaya patriarki di masyarakat mengakibatkan perempuan memiliki beban kerja yang tinggi karena tuntutan pemenuhan perannya dalam keluarga. Pada kasus pekerja tani perempuan di wilayah pedesaan, peran perempuan dalam pertanian juga dilihat dari 2 aspek, yaitu aspek perempuan sebagai ibu rumah tangga dan aspek pekerjaan pokok.

Perempuan dengan tingkat ekonomi rendah akan memiliki beban kerja yang lebih tinggi perempuan dalam kegiatan pertanian tidak lantas menjadikan perempuan berstatus sebagai petani. Kebanyakan perempuan di pedesaan menganggap bahwa perannya dalam pengolahan lahan pertanian merupakan bentuk dalam membantu suami.

Kurang sadarnya kaum perempuan akan urgensi dari perannya dalam pertanian membuat perempuan masif dilibatkan dalam berbagai keputusan di pertanian seperti pada pemilihan tanaman, hak menjadi anggota kelompok tani, distribusi hasil panen, dan sebagainya.

Tanggal dua januari saya berbincang dengan seorang ibu tua yang hidupnya berpaku pada jalan, jalan yang menyusuri dalam mencari sebekas sampah plastik yang akan menjadi penopang hidupnya.

Kita sadar, orangtua selalu menginginkan mandiri dan tidak minta apa-apa kepada anaknya, namun apakah kita sebagai anak diam saja ketika melihat orang tua kita letih dalam mencari sesuap nasi.

Ini sebuah kisah, semoga kita bisa membalas budi jerih payah orang tua kita selama masih hidup.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post