Basri Wahid

Banyak yang mengatakan bahwa guru yang bernama BASRI WAHID ini salah mengambil jurusan. Pasalnya, karena ia lebih banyak berkecimpung di bidang seni mus...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gi Kundangan

Gi Kundangan

#Tantanganmenulisgurusiana

#Hari ke-225

GI KUNDANGAN

(Cerita lucu Berbahasa Daerah Belitung)

Oleh: Basri Wahid

Ade andangan limak bulan Kik Derong kan Nek Selihot dak isak dapat undangan urang begawai. Ukan karne belau dak kenak undang, mimang gara-gara musim corona ne urang dak kuang ngadekan acara. Tapi minggu ini belau dapat undangan karne situasi la memungkinkan. Urang la banyak nok begawai. Nok name bunyi musik pun la temelepor sekampong-kampongan.

Bangatla suke e Kik Derong tek sekali dapat undangan. Jak ai kase’an te la lamak dak bemakai ki urang galak e te. Base ade bajuk batik belau nok baru meli lum isak deanjukan. Jadi ini la kesempatan nak nganjukan bajuk baru to.

Nek Selihot pun dak kala juak gering e. la besiap kan peremasan e. Abis belau keluarkan peremasan nok selamak ini tesimpan bang lemari. Jak ai, nang nggak tika kini la belau bemakai. Mun seari-ari pun galak e singgak diam bang dapor.

Agik siang nok duak laki bini itu besiap. Base jarang belau ne dapat surat undangan. Galak e pun diundang pakai mulut sajak. Tapi sari ne belau ngikut acara pesta sure. Dalam surat undangan e to ade tulisan nyuro pakai masker, kan ngikutek atoran nok la ditetapkan. Kik Derong kan Nek Selihot pun pegi kundangan pakai masker.

Lauda kundangan tek, di ruma Nek Sellihot ngajak Kik Derong bekelakar kisa kundangan nok baru dealamek belau.

“Nang paya rupe e ngator manusie bang kundangan tadik tek KIk ye.” Uji Nek Selihot mukak cakap.

“Ngape nek?” Tanyak Kik Derong

“Kakik dak ngeliat ken, bang kundangan tadik banyak urang dak nurut atoran sesuai surat undangan. Semue kaper kan bemasker.” Uji Nek Selihot Serius.

Kik Derong senyum-senyum ngendengar cakap Nek Selihot sambil ngepuskan asap rukuk.

“Ngape kakik ketawak? Lucu ke? Benarkan aku? Kakik dak ngeliat ke tadik?” Nek Selihot raga nak mara base Kik Derong macam ngulok-ngulokkan belau.

“Benar la ninek to, mimang semue urang dak pakai masker.” Uji Kik Derong pulak sambil ketawak.

“Jadi, ngape Kakik ketawak to.”

“ Cube Ninek ingat, tadik waktu makan pakai masker ke?” Uji Kik Derong sambil bangkit ninggalkan Nek Selihot nok agik tediam.

Tanjungpandan, 20 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow keren nian kawan, pacak nian awak nulisnyo

21 Sep
Balas

Auk Kik kcuali nok masker 2 ikuk

23 Sep
Balas

Keren Pak Basri. Lestarikan bahasa daerah, cintai bahasa Indonesia. Salam literasi, jabat erat selalu.

20 Sep
Balas

Meski tidak paham, sukses selalu pak

20 Sep
Balas



search

New Post