Berta Niken D, S.Pd.SD., M.Pd

Berta Niken Dianingrum, S.Pd.SD., M.Pd adalah Guru di SDN 1 Pringsewu Barat Kab.Pringsewu Lampung. Pendidikan terakhir Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan di Uni...

Selengkapnya
Navigasi Web
SUHARMAJI Kepala  SMP N 1 Baratdatu Tuntaskan Pembekalan Pengajar Praktik
Suharmaji Kepala sekolah SMP Negeri 1 Baratdatu

SUHARMAJI Kepala SMP N 1 Baratdatu Tuntaskan Pembekalan Pengajar Praktik

Gurusiana.Id_Peserta Pembekalan Pengajar Praktik Guru Penggerak Angkatan 4 Provinsi Lampung yang berjumlah 22 orang hari ini telah selesai mengikuti Pembekalan Pengajar Praktik Guru Penggerak. Pembekalan dimulai dari tanggal 7 Agustus 2021 hingga berakhir hari ini 27 Agustus 2021. Kegiatan penutupan dilaksanakan secara Virtual oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dan ditutup langsung oleh Ka. Pokja Guru Penggerak Dr. Kasiman. Hadir dalam kegiatan ini Fasilitator, Satker dari P4TK yang merupakan coordinator wilayah Provinsi Guru penggerak, dan seluruh Calon Pengajar Praktik angkatan 4 seluruh Indoneesia

Suharmaji Kepala sekolah SMP Negeri 1 Baratdatu adalah salah satu peserta Pengajar Praktik Guru Penggerak angkatan 4 tersebut. Suharmaji menjadi satu-satunya Kepala sekolah yang menjadi peserta Pembekalan Pengajar Praktik Guru Penggerak asal Kabuapten Way Kanan dari 7 peserta lainya asal Kabupaten tersebut, dan untuk menjadi Pengajar Praktik ini melewati seleksi yang cukup ketat dari seleksi sekitar 9.000 pendaftar se Indonesia. Pengajar Praktik merupakan salah satu komponen dari bagian Program Pendidikan Guru Penggerak, selain Guru Penggerak dan Fasilitator. Adapun tugas utama Pengajar Praktik Guru Penggerak adalah sebagai pendamping guru penggerak dalam proses pendidikan Guru Penggerak. Pengajar Praktik uga berperan sebagai orang yang berbagi praktik baik, mengevaluasi dan memberikan umpan balik (feed back) kepada calon guru penggerak selama pendidikan yaitu 9 bulan

Sebagai Seorang Pengajar Praktik Guru penggerak kemampuan Suharmaji tidak usah diragukan lagi karena dalam perjalananya menjadi seorang guru dan kepala sekolah banyak menorehkan prestasi yang hebat. Sehingga tentunya kompetensi yang disyaratkan agar program pendidikan Guru Penggerak Ini telah dimilikinya dengan baik.

Adapun kompetensi yang harus dimiliki Seorang Pengajar Praktik yakni, menguasai teknik dan keterampilan mentoring dan coaching, menyusun rencana pendampingan, membuat kesepakatan dengan calon guru penggerak, membuat jadwal Pendampingan, memiliki komitmen untuk memenuhi tenggat waktu mengevaluasi, dan memberi umpan balik kepada calon guru penggerak serta dapat berkomunikasi dengan efektif

Dalam Kesempatan ini Dr. Kasiman menyampaikan bahwa Pengajar Praktik ini Sudah menerima semua materi, adapaun tugas Pengajar Praktik nantinya adalah melakukan pendampingan individu, menfasilitasi lokakarya secara luring, namun dalam keadaan tertentu di pertimbangkan sesuatu hal yang terpenting adalah kesehatan, sehingga jika tidak memungkinkan luring dapat dilaksanakan secara daring, mengevaluasi, menilai, memberikan umpan balik dengan bobot penilaian sebesar 65%. Baik atau tidak lulusan Guru Penggerak tergantung dari Pengajar Praktik, berikan penilaian secara Obyektif agar mendapatkan Guru Penggerak berkualitas karena Guru Penggerak adalah calon pemimpin masa depan Pendidikan.

Lebih lanjut Dr. Kasiman mengingatkan Calon Pengajar Praktik untuk Membuat laporan, menfasilitasi refleksi Calon Guru Penggerak, serta Rencana tindak lanjut. Materi sudah diberikan semua oleh instruktur dan fasilitator itu adalah dasar bagaimana menjadi PP untuk itu Dr. Kasiman berpesan agar Pengajar Praktik mengembangkan diri , memantaskan dan memantapkan diri. Caranyaadalah dengan mempelajari modul-modul secara pribadi dengan baik dan mendalaminya serta mempraktekkan secara langsung. Praktik baik dapat diterapkan di sekolah masing-masing tidak usah menunggu menjadi Guru Penggerak untuk menerapkanya. Setelah pembekaln Pebgajar Praktik akan diberikan sertifikat 120 JP dan dikirim melalui SIM PKB masing-masing, “Pengajar Praktik bisa benar-benar siap dan professional mendampingi Calon Guru Penggerak bukan Kaleng-kaleng, tegas Dr. Kasiman.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menyebut lulusan Program Guru Penggerak (PGP) bakal mendapatkan prioritas untuk menempati posisi strategis di lembaga pendidikan. Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menegaskan, Guru Penggerak adalah talenta pemimpin masa depan, seperti kepala sekolah, pengawas dan lainnya.

“Dari awal saya ingin memastikan bahwa Guru Penggerak adalah talenta pemimpin masa depan, seperti kepala sekolah, pengawas, dan lain-lain. Untuk itu, kami merancang regulasi yang mendukung dan memastikan alumni Guru Penggerak benar-benar mendapatkan prioritas dan kesempatan pertama di posisi kepemimpinan,” ujar Nadiem seperti dirangkum dari laman Kemendikbud Ristek.

Seleksi mencari Guru Penggerak pun tak mudah. Beberapa proses seperti tes, wawancara, hingga membuat esai harus dilalui para calon Guru Penggerak. Bahkan, Nadiem menyebut ketatnya seleksi Guru Penggerak itu serupa seleksi guru Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pengajar praktek Guru penggerak memang luar biasa

27 Aug
Balas



search

New Post