Bestina S

Bestina Ruminda Simarmata , seorang guru IPA di SMPN 2 TANAH JAWA. Mencintai literasi dan dunia menulis untuk memberikan inspirasi dan berbagi keajaiban tulisan...

Selengkapnya
Navigasi Web
BUKA MULUT ......

BUKA MULUT ......

#TANTANGAN MENULIS GURUSIANA HARI KE 1 TANGGAL 18 OKTOBER 2023#

Beberapa hal yang yang tidak kembali setelah dilepaskan adalah anak panah yang dilepaskan dari busurnya,kesempata atau peluang emas yang dilewatkan,waktu yang terbuang percuma,ucapan atau perkataan yang keluar dari lidah kita.

Dalam setiap hubungan atau relasi sosial kita dengan sesama manusia akan memberikan banyak pengalaman yang menarik jika ucapan yang kita dengar atau ketika orang lain buka mulut dan terdengar ucapan yang menenangkan dan menyejukkan perasaan sehingga akan memberikan peluang untuk menjadi pribadi hangat yang selalu diridukan orang lain dalamberbagai kesempatan.

Tapi jika bertemu dengan orang yang tidak dapat menjaga lidahnya atau literasinya kacau balau enggak jelas arah juntrungannya akan menimbulkan banuak konflik dan persoalan rumit sekaligus sangat pelik karena akan bermunculan opini atau pendapat buruk tentang isi perkataan atau pembicaraan yang tidak punya makna yang baik dalam kehidupan yang kita jalani saat ini.

Ketika kita buka mulut untuk mengungkapkan sesuatu haruslah penuh kehati-hatian dalam berbicara karena kita harus menyadari kalau kata yang kita keluarkan sudah mengalami dua saringan yaitu saringan hati untuk memastikan kata yang kita ucapkan tidak melukai siapa pun dan saringan otak untuk memastikan kata yang kita ucapkan memang berguna atau bermanfaat bagi siapa pun .

Tidak boleh berlidung atau beralasan saat kita mengucapkan kata-kata yang menyakitkan untuk alasan bercanda atau sekedar humor ringan dalam balutan lelucon lucu yang berisikan peluru beracun yang dapat mematikan atau menghancurkan perasaan orang lain karena sentuhan perkataan kasar dan nyelekit dapat melukai jiwa sehingga mematikan kecerdasan dan merenggut semangat juabg orang lain.

Perkataan kasar yang menghina,mencemooh,mengejek,merendahkan dan selalu menyakiti orang lain karena merasa dirinya lebih baik atau lebih tinggi serta merasa dirinya dalam kehidupan ini sudah sangat sempurna sekali dan punya legalitas untuk meremehkan atau merendahan orang lain yang dianggapnya tidak punya kemampuan ekonomi atau memandang orang lain hanya dari segi kekayaan dan punya banyak harta benda saja.

Kekerdilan pemikiran dan pengetahuan yang picik akan membuat orang merendahkan orang -orang mskin dan sebaliknya menyanjung orang hebat dengan segala kekayaannya.Hidup dengan pemikiran sempit dan kaku ini sangat tidak menyenangkan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post