Betna Adiguna Guru PJOK SMA N 1 Kot

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MENCOBA MENJADI LEBIH BERWARNA

MENCOBA MENJADI LEBIH BERWARNA

Keterampilan Literasi adalah suatu keterampilan yang dibutuhkan pada era masa kini yang menuntut pengembangan diri untuk dapat bersaing baik di bidang intelektual maupun di bidang penguasaan IT. Terlebih untuk seseorang yang berprofesi sebagai guru, yang mempunyai tugas untuk mengubah peradaban suatu bangsa melalui pendidikan formal. Sejalan dengan tujuan yang telah tercantum dalam sisdiknas dan mendukung program literasi yang dicanangkan Kemdikbud pada tanggal 11 s.d 14 Juni 2017 P4TK Guru PJOK dan Guru BK menyelenggarakan bimbingan teknis literasi penulisan buku bagi guru PJOK dan Guru BK yang bertempat di Hotel Utami Di Sidoarjo.

Melalui slogan “SAGUSABU” yang mempunyai kepanjangan Satu Guru Satu Buku pihak penyelenggara mendorong seorang guru disamping tugas utamanya sebagai pengajar juga sebagai bisa menjadi seorang penulis. Mengingat pekerjaan guru yang penuh dengan pengalaman mengajar yang begitu kompleks mulai dengan tuntutan kurikulum, perkembangan anak didik di era modern sampai dengan problem yang dihadapi pada saat mengajar menurut penyelenggara menjadi modal utama seorang pendidik menjadi penulis. Disamping itu untuk profesi guru sendiri sesuai Permenneg PAN dan RB Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit dapat menjadi tambahan point untuk naik ke jenjang jabatan yang lebih tinggi.

Dalam Bimbingan Teknis literasi penulisan buku ini penulis sendiri menjadi bagian dari peserta yang mewakili Provinsi Maluku Utara. Sebagai guru PJOK yang notabene sering berada di lapangan (praktik) penulis sangat bersyukur mengikuti bimbingan teknis penulisan buku ini. Secara konsep kegiatan ini dimulai dari hal yang paling dasar. Seperti halnya motivasi untuk menulis. Mengingat penulis sendiri tidak mempunyai latar belakang sebagai penulis, motivasi itu sangat berarti bagi penulis. Sehingga menumbuhkan semangat untuk mencoba berkarya melalui tulisan. Disamping motivasi, rangkaian kegiatan yang sangat mendukung dalam keterampilan menulis selanjutnya adalah dengan diperkenalkannya jenis-jenis tulisan. Mulai dari jenis tulisan opini, kolom, biografi dan lain sebagainya.

Pada kegiatan pokok, penyelenggara mengenalkan bagaimana menjadi penulis buku yang baik dengan pertama kali diperkenalkan tentang aspek teknis dan bahasa dalam menulis buku yang disampaikan oleh Bapak Eko Prasetyo, S.S., M.I. Kom dan bapak Mohammad Ihsan, S.Pd. dari sesi ini penulis seperti mendapatkan oase di padang pasir. Yang dulunya tidak mengetahui bagaimana cara menggoreskan pena. Perlahan-lahan mulai bisa menggoreskan pena yang mulai berkarat. Entah karena hanya sering dilapangan sehingga seakan lupa dengan cara menggoreskan pena, atau karena faktor lain. Akan tetapi saat ini penulis sangat bersyukur bisa berada di antara orang-orang hebat yang mencoba untuk selalu menggoreskan pena.

Penulis Peserta Bimtek Literasi Penulisan Buku Bagi Guru PJOK dan Guru BK Di Sidoarjo

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

huebaaaat....huebaaat... !!!

12 Jun
Balas

terimakasih ibu salam hebat ibu, masih perlu koreksi dari teman2.salam untuk pulau dewata !

12 Jun



search

New Post