Binti Moriana

Guru SD Negeri 020259 Binjai (SUMUT),menulis merupakan tantangan yang harus dihadapi bukan dihindari,selalu berlatih agar tulisannya lebih baik lagi,aamiin....

Selengkapnya
Navigasi Web
60 Hari di Gurusiana dan Penggung Kreativitas
60 Hari dan Panggung Kreatifitas

60 Hari di Gurusiana dan Penggung Kreativitas

Panggung ke 5 kreativitas akhir pekan hari ini. Bertepatan dengan 60 hari menulis di Gurusiana. Giliran 6 sekolah menampilkan kebolehannya untuk memeriahkan acara hari ini. 2 kali dalam satu bulan diadakan panggung ini. Panggung ini diselenggarakan untuk mengembangkan minat dan bakat anak didik dalam berkreativitas. Sekolah kami menampilkan 4 tampilan antara lain : Muspus (Musikali Puisi), Pantomim, mendongeng, dan Tarian Tor-Tor. Penampilan dibatasi dikarenakan waktu yang tidak dapat dipergunakan lebih banyak. 

Panggung kreativitas dimulai pukul. 15.00 WIB sampai selesai. Dan tidak mengganggu proses belajar mengajar yang dilaksanakan di tiap sekolah. Panggung kreativitas ini bertujuan untuk membina minat dan bakat anak didik.  Bakat anak bermunculan dengan diadakannya acara ini. Kami selaku guru dari anak-anak merasa sangat bangga dan bahagia.  

Penampilan yang ditampilkan dari sekolah kami SDN.020259 yang pertama adalah Pantomim. Dua orang siswa yang menampilkan peragaan pantomim. Bakat dan kemampuan mereka sangat mengagumkan dengan gerak gerik yang sangat watak mereka persembahkan. Dari arah jalan dan mimik muka, kesemuanya disesuaikan dengan musik yang dibunyikan. Penonton juga ikut dalam suasana dan tema dari cerita. Tema dari cerita adalah tentang perjuangan kemerdekaan. Ada juga adegan yang ditampilkan membuat penonton tertawa terbahak-bahak. Sangat menarik sekali penampilan kedua orang siswa kami.

Penampilan yang kedua menpilkan Muspus atau Musikali Puisi. Sewaktu latihan dilaksanakan di sekolah anak-anak selalu membuat suasana seperti mereka tidak serius. Susah sekali untuk membawa mereka untuk serius membacakan puisi. Tapi sewaktu di acara tadi mereka membacakan puisi dwngan serius dan sangat bersemangat. Terlihat dari penonton yang bertepuk tangan setelah selesai membacakan puisi. Puisi dibacakan oleh 2 pasang perserta didik dan memainkan pianika ada 3 pasang peserta didik. Musik yang digunakan adalah alat musik yang ditiup yaitu pianika. Walaupun sedikit terlalu cepat memainkannya sehingga puisi belum selesai musiknya sudah. Tetapi hanya perberapa detik saja perbedaannya. Cara anak membacakan puisi nuga sangat memukau penonton yang mendengarkannya.

Penampilan ketiga adalah mendongeng. Yang didongengkan oleh Dimas Dwi Ananda. Dia sangat watak memerankan setiap tokoh yang diperankan. Judul dongeng yang ditampilkan adalah "Purba dan Lingga". Cerita rakyat yang berasal dari Sumatera Utara. Cerita rakyat ini menceritakan 2 kakak beradik yang pada awalnya saling mengasihi dibutakan oleh harta yang membuat mereka saling mempunyai niat untuk mencelakakan masing-masing sehingga mereka berdua pun tewas dengan sangat mengenaskan. Dan tak satupun dari mereka dapat memiliki harta tersebut. Peran yang dilakonkan sangat watak sekali sehingga penonton terbawa arus cerita yang didongengkan. Kami sebagai guru dan kepala sekolah sangar puas dengan tampilannyA. Penonton yang mendengarkan juga sangat menikmati setiap alur cerita yang ditampilkan.

Penampilan yang terakhir atau yang keempat adalah tarian Tor-Tor yang juga berasal dari Sumatera Utara. Penampilan tarian yang ditampilkan adalah juara harapan 2 saat mengikuti lomba FLS2N yang diadakan di Binjai Timur. Gerakan dan musik sangat serasi sekali sehingga penonton yang melihatnya sangat terhibur sekali. Dibuktikan dengan banyaknya penonton yang memberikan saweran kepada anak didik kami..Alhamdulillah berarti penonton merasa sangat senang dwngan tampilan mereka. 

Anak didik kami membawakan acara pada sesi ke 4. Karena ada 4 sesi acara dan pembawa acaranya diambil dari setiap sekolah. Menurut saya pembawa acara dari tiap sekolah sangat lihai dalam membawakan acara. Terlihat dari setiap acara demi acara mereka  awakan dengan sangat lihai. Dengan pantun-pantun yang sangat bagus di setiap awal penampilan. Wahhh...sangat memukau sekali penampilan mereka. Pokoknya kami puaslah melihat penampilan anak didik kami pada hari ini. Cocok kali, puaslah kami guru klen buat (logat Binjai kental). 

Tulisan ini sama puasnya dengan tulisan hari ke 60 ini yang sudah selesai saya tuliskan. Alhamdulillah akhirnya saya bisa sampai pada hari ke 60 tantangan gurusiana.

#Harike60

#TantanganGurusiana

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post