Bonari Nabonenar

Penulis cerita: Cinta Merah Jambu, Semar Super, Mimpi dan Badai. Kini ikut keroyokan memanjangkan umur: nggalek.co...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berguru Menulis kepada Mbak Eni
Eni Kusuma bersama buku karyanya. FOTO: booklicious.blogspot.com

Berguru Menulis kepada Mbak Eni

Eni Kusuma. Itulah nama yang menurut saya punya kekuatan luar biasa untuk menginspirasi sesiapa yang ingin menjadi penulis. Ia bukan seorang guru. Sekarang Eni sudah memiliki rumah bimbingan belajar dan ia sendiri bertindak sebagai salah seorang pembimbingnya. Bukan guru. Eni bahkan hanya menyelesaikan pendidikan formalnya hingga SMP. Otaknya sih, jalan. Ongkosnya yang mandeg.

Sejak kecil Eni suka membaca. Bahkan, bagian yang menyenangkan ketika ia membantu orangtuanya memulung sampah di tempat pembuangan tak jauh dari rumahnya adalah ketika menemukan buku bekas, atau bahkan halaman-halaman buku yang masih bisa dibaca.

Waktu istirahat di sekolah adalah waktu yang mula-mula menyiksa Eni. Mau bermain-main bersama teman-temannya malu, karena selalu tak punya uang untuk beli jajanan di kantin. Itulah yang kemudian mendorongnya untuk menyepi ke ruang perpustakaan.

Kegemaran membacanya itulah yang kelak menjadi semacam tabungan jangka panjang, dan mengantarnya untuk jadi seorang penulis. Buku pertamanya, Anda Luar penulis. Buku pertamanya, Anda Luar Biasa! benar-benar luar biasa, langsung best seller! Tetapi, jalan yang ditempuh sungguh terjal dan berliku. Ia harus bertahun-tahun "bertapa" di Negeri Beton (Hongkong) sebelum bukunya terbit.

Kalau mau disebut sebagai kisah sukses, sebenarnya Eni Kusuma tidak hanya sukses sebagai penulis buku. Ia sukses melawan kegagapannya sendiri. Di bangku sekolah, ia dikenal sebagai anak gagap. Perlu sekian detik kadang malah hitungan menit hanya untuk mengucapkan sepatah kata. Tak pernah ada yang menyangka, termasuk dirinya sendiri, bahwa di kelak kemudian hari ia bisa menjadi seorang pembicara, dan apalagi duduk sejajar dalam sebuah forum bersama sosok-sosok yang dikaguminya: Tung Dasem Waringin dan Andre Wongso.*

catatan: jika tidak sabar untuk menunggu kelanjutan kisah ini, silakan di-googling mawon dengan kata kunci: Eni Kusuma Anda Luar Biasa!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa... Hebat. Ditunggu cerita selanjutannya Pak

29 Jul
Balas

Sungguh! Luar Biasa. Jazakumullah khoiron katsiro, Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah..mas.

29 Jul
Balas



search

New Post