Bonari Nabonenar

Penulis cerita: Cinta Merah Jambu, Semar Super, Mimpi dan Badai. Kini ikut keroyokan memanjangkan umur: nggalek.co...

Selengkapnya
Navigasi Web

Betapa Gampang Menerbitkan Buku

Kita bisa melihat dari beberapa sudut, betapa gampangnya menulis. Kalau kita sudah berada di tahap menulis itu gampang, menerbitkan buku akan jauh lebih gampang.

Ada penulis buku yang menangani sendiri seluruh proses penerbitan tulisan-tulisannya menjadi sebuah buku, sejak penyuntingan naskah, pembuatan gambar ilustrasi, mengatur tataletak, mendesain sampul, hingga pengurusan ISBN-nya. Lalu memasukkan material pracetaknya ke percetakan, menyiapkan pembayaran sesuai tagihan dan menunggu bukunya turun cetak.

Ada pula penulis yang langsung menyerahkan berkas-berkas tulisannya ke penerbit dan menunggu kabarnya sambil menulis --untuk bakal buku berikutnya.

Pendek kata, ketika bahan berupa tulisan sudah terkumpul atau sudah selesai disiapkan, untuk sampai berujud sebagai buku itu sama halnya sembilan puluh persen proses telah terlampaui.

Jadi, mau bikin resep apa lagi? Mau kiat macam apa lagi? Dalam hal ini, resep itu boleh dianggap nonsens. Mau menerbitkan buku, ya menerbitkan saja. Kirim naskah ke penerbit dan selesailah urusan. Kalau masih butuh kiat-kiat atau strategi, tunggu setelah buku turun cetak dan memasuki babak baru: pemasaran, jika mau menjualnya, jika urusan penjualan mau ditangani sendiri, tidak melalui jalur distribusi/pemasaran-nya pihak penerbit.

Bikin buku itu gampang. Sepekan pun bisa kelar itu urusan. Jika berpuluh tahun tak sebuah buku pun lahir dari rahim kreativitas saya, pasti itu bukan karena bikin buku itu susah, tetapi, karena bagi saya menulis itu sungguh tidak gampang.

Loh, ini bagaimana? Kemarin bilang menulis itu gampang. Kok sekarang mengakui susah? Itulah masalah saya yang sesungguhnya: tidak bisa konsisten.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menulis buku itu gampang yg sukar itu menulis 'Buku'.

28 Aug
Balas

Jadi masalahnya terletak pada "tidak konsisten"...seperti itu ya Pak...

28 Aug
Balas



search

New Post