Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Akhirnya Hari Ke-30

Akhirnya Hari Ke-30

Tantangan Hari Ke-30

#TantanganGurusiana

Hari ini akhirnya tiba. Hari ke-30 tantangan gurusiana bagi saya. Saya memang agak telat mengikuti tantangan ini. Saya baru memutuskan ikut tantangan ini sembilan hari setelah pengumuman tantangan hari pertama. Saya akhirnya ikutan karena menyadari bahwa sudah menulis tiga hari berturut-turut.

Ini pertama kalinya sepanjang hidup saya bisa menulis setiap hari. Seperti yang saya perkirakan sebelumnya, Memang tidak mudah untuk konsisten menulis selama 30 hari. Selama masa tantangan, ada saja godaan atau kondisi yang dapat mendorong saya untuk tidak menulis.

Idealnya saya menulis di sekolah setelah mengajar. Masih ada waktu 3 jam hingga akhirnya saya absen pulang. Namun kerap kali saya tidak bisa menulis di sekolah, karena harus melakukan aktivitas lain seperti mengoreksi tugas siswa dan melatih siswa yang ikut menyanyi FLS2N. Jika seperti itu, maka harus menulis di rumah. Butuh dorongan ekstra jika menulis di rumah karena sebenarnya badan dan pikiran saya agak susah berkompromi untuk diajak menulis. Menulis di rumah saat malam hari adalah tantangan bagi saya. Jika di rumah tentu saya ingin istirahat dan menghabiskan waktu bersama istri yang sedang hamil.

Apalagi saya merasa waktu cepat sekali berlalu ketika sudah di rumah. Saya tiba di rumah pukul 16.30. Kemudian saya rebahan, mengobrol dengan istri, menemani jalan sore, mandi, makan malam, dan mengobrol lagi dengan istri. Setelah rangkaian kegiatan tersebut, waktu pun menunjukkan pukul 20.30.

Sebenarnya berat bagi saya untuk memulai menulis di waktu mendekati tidur malam. Rutinitas bangun pagi pukul 4.30 membuat saya sudah mengantuk dan tidak konsentrasi lagi ketika menjelang pukul 21.00.

Namun ternyata saya bisa mendorong diri ini untuk tetap menulis. Puji Tuhan juga tidak pernah remedial. Jika saya remedial, entahlah. Apakah saya sanggup untuk mau memulai dari hari pertama lagi.

Hari ini, hari ke-30 sudah tercapai. Tentu bukan menjadi akhir tantangan ini. Masih ada lanjutan tantangan 60 hari, dan puncaknya 90 hari. Saya belum tahu apakah mampu sampai hari ke-60. Saya usahakan untuk melanjutkan hari ke-31 dan seterusnya. Semoga saya masih bisa konsisten menulis setiap hari.

Hmm.... saya sepertinya perlu merancang strategi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post