Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web

Berbagai 'Kejutan' dari Pengumpulan Tugas Lewat Email atau Whatsapp

Tantangan Hari ke-38

#TantanganGurusiana

Sebelumnya saya sudah posting tulisan tentang pemberian tugas menulis kepada siswa. Dari kumpulan tulisan siswa itu, saya akan terbitkan menjadi buku antologi. Siswa saya minta mengetik di microsoft word menggunakan laptop/PC kemudian mengirim ke saya lewat email atau whatsapp. Panjang tulisan mnimal satu halaman A4.

Hari ini hari kedua masa pengumpulan tugas tersebut. Sudah 19 siswa yang mengirim dari total 31 siswa. Saya senang sebagian siswa merespon tugas ini dengan mengirim sebelum deadline yang ditentukan. Namun saya mendapat berbagai "kejutan" dari proses pengumpulan tugas ini.

Ada yang mengetik langsung di badan email (tidak melampirkan file Ms. word). Ada yang mengetik langsung di chat whatsapp. Ada yang pendek sekali, hanya puluhan kata saja. Padahal saya berharap dengan menulis satu halaman A4, akan didapat 200-300 kata. Saya juga memberi beberapa pertanyaan sebagai bantuan untuk mengembangkan ide. Namun yang terjadi, ada yang hanya sekadar menjawab pertanyaan.

Tugas menulis cerita menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Siswa SD, khususnya di kelas saya, belum banyak yang bisa mengembangkan ide menulis. Sebagian besar masih sekilas-sekilas saja sehingga tidak detail dalam mendeskripsikan suatu peristiwa atau suasana.

Saya ingin siswa saya ada yang bisa menulis cerita yang ideal seperti siswa sekolah lain yang mampu juara lomba menulis atau bahkan menerbitkan buku cerita anak.

Memang butuh kesabaran, ketekunan, dan proses yang panjang untuk mewujudkan keinginan itu. Semoga dengan tugas proyek menulis buku antologi ini, siswa semakin terbiasa dan semangat menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post